Bayang Gelap datang Menjelang Subuh

Bayang Gelap datang Menjelang Subuh lentera zamanAku terkejut, tiba-tiba ada yang melompat dan jatuh di samping tempat tidurku. Aku cuman melirik dan meneruskan menuruti rasa kantukku. Memang sering jika sudah kecapeaan di depan laptop aku tertidur di tempat tidur samping bawah meja kerja. Tak tahu pukul berapa saat itu. Yang jelas berdasarkan suasana yang aku rasakan dan dingin saat itu bertanda belum subuh.

“Bi, Sholat!”, terdegar dari balik badanku. Eh, ternyata yang tadi melompat dan tidur di belakangku Uqbah (4,5th). Bersamaan dengan itu memang terdengar adzan subuh dari musholah depan rumah. Terdengar lagi “Sholat, Bi!”. Bergegas aku berangkat ke kamar mandi meninggalakan Uqbah di tempat tidur itu.

Ketika mau ke luar pintu tengah melihat Uqbah memeluk gulingnya. Tak adil rasanya jika saya tidak membalas, “Ayo, Sholat Uq!”. Bergegas ia melewati aku dan menuju ke kamar mandi.

Bayang Gelap datang Menjelang Subuh lentera zaman uqbahUqbah jika salah makan setiap pagi matanya banyak kotorannya (ketek), karena menurut dokter ia alergi makanan. Aku berusaha membersihkan kotoroan itu dengan sapu tangan biasanya. Kotorannya saat ini agak banyak dan lumayan sulit membersihkannya. Bersamaan dengan itu berbalapan dengan pujian di musholah. Mengingat budaya di mushola ini antara adzan dan iqomah cuman sebentar.

Setelah selesai membersihakan kotoran di matanya Uqbah, ia wudlu sebisanya. Dia ku biarkan ke luar kamar mandi tanpa memakai celana, karena aku terburu ambil wudlu mengejar imam yang sudah membaca surat Al-Fatiha.

Melewati lemari kecil itu nampak terbuka. Bertanda Uqbah sudah mengambil celana baru untuk sholat. Ia sudah duduk di ruang tamu, menunggu. Alhmadulillah, kami tidak terlambat pada roka’at pertama meskipun kami takbir saat imam membaca ayat terakhir dari surat As-Syam.

“Anakku, semoga Allah menyembuhkan sakit matamu. Memberi kemuliaan pada hati, otak, dan fisikmu. Semoga pula Allah menggolongkan engkau ke ahli surga. Terima kasih sudah sering mengingatkanku untuk sholat berjamaah. Amiin.

Terima kasih juga bagi yang sudi membaca tulisan ini dan mengamininya. Semoga Allah memberi barokah kepada keluarga Anda. Barokallohufiikum

Bayang Gelap datang Menjelang Subuh lentera zaman

, , ,

  1. #1 by anis on 18 2015, 2015 - 16:23

    aamiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: