apakah cara makan anda seperti ini?

ambil makanan secukupnya  lentera zamanBerapa kali kita menyisakan makanan di piring? Sahabat Lentera Zaman,  sering kita jumpai ada orang yang makan namun menyisakan makanan di piring. Berikut ini beberpa alasan dari mereka yang sering melakukan perbuat ini.

ambil makanan secukupnya  lentera zaman

Gengsi, ada juga lo saudara kita yang gengsi jika makanan dihabiskan semua. kuatir dikira rakus atau bahkan kelaparan. Biasanya dilakukan orang-orang kaya di resto atau hotel.

Jaim, yang satu ini beda lagi. Dia jaga image dengan bermalas-malasan ketika makan. bahkan makanan hanya sekedar disentuh sebentar saja. Hal ini kebanyakan dilakukan oleh orang yang lagi “bermesraan”.

Rewel, yang ini lain lagi. Dengan makanan yang diterima, dia mengeluh dan mengeluh, akhirnya makanan tidak dihabiskan. biasannya dilakukan orang yang merasa dirinya golongan atas.

Rakus, mumpung ada semua makanan di meja dia ambil satu persatu. Jika ada 3 sayur dan 4 lauk pasti diambil semua. Akhirya di piringnya seperti tong sampah. Ujung-ujungnya makanan benar-benar tidak habis dan harus dibuang di tempat sampah. Biasanya hal ini dilakukan di tempat diklat, seminar, atau workshop.

piring harus bersih tanpa sisa makanan lentera zaman

Sahabat Lentera Zaman, kami yakin Anda setuju bahwa semua yang di atas tidak baik untuk dilakukan. Perbuatan ini tidak terpuji karena tidak memanfaatkan sesuatu dengan baik. Lihatlah masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan maknan yang layak untuk dimakan (bisa dilihat di sini dan di sini).

Mari kita biasakan menghabiskan makanan hingga tak bersisa (kecuali memang bukan bagian yang tidak harus dimakan). Ambil makanan secukupnya. Biasakan menahan nafsu rakus saat banyak makanan di depan kita. ingat sahabat kita yang belum mengambil jatahnya. Antree dengan rapi saat makan bersama.

Bayank orang bilang, jika kita menghabiskan makanan hingga bersih sebagai bukti rasa syukur dan rejeki akan semakin bertambah. Orang yang peduli dengan kesehatan tubuhnya akan memperhatikan makanan yang dia makan.

Yang terakhir … jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah makan🙂

, ,

  1. #1 by 3dibafree on 21 2013, 2013 - 10:36

    piring sampe tak jilatin saking bersyukurnya.hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: