Tips Membuat Rumah Harum Alami

Tips Membuat Rumah Harum Alami

bunga melati siap untuk disajikan

Sudah kodrat manusia lebih suka bau harum dari pada bau tidak sedap “busuk”. Untuk itu setiap manusia selalu mengusakan dirinya dalam kondisi wangi, baik tubuhnya maupun lingkungan sekitar. Rumah adalah tempat utama bagi kita. Jika rumah berbau harum, jelasnya kita akan tambah kerasan tinggal di sana.

Untuk membuat rumah harum, banyak cara yang manusia lakukan. Hampir 90% kita mengharumkan ruangan dengan bantuan pewangi kimia. Manusia modern selalu memilih praktisnya. Padahal dampaknya kurang baik bagi kesehatan kita. Misalkan saja pewangi untuk lantai, ternyata setelah diteliti dalam jangka lama akan membuat telapak kaki kita pecah-pecah. Masih banyak lagi dampak negative yang lain loo …. makanya kembali ke alam ajalah biar aman ……

Oke sahabat, kali ini kami akan memberikan tips alami untuk membuat ruangan di rumah kita lebih harum sepanjang hari.

Kali ini kami tawarkan pewangi alaminya dengan menggunakan BUNGA MELATI. Bunga melati sering disebut “puspa bangsa” dan nama kerennya Jasminum sambac. Kami mengambil bunga ini karena memiliki bunga putih yang damai dilihat. Daun yang hijau tebal membuat segar dipandang. Dan yang paling menarik bunga ini bisa bertahan segar selama 7 hari dengan bau harum yang terus ditebarkan. Ekonimisnya bunga ini bisa kita tanam di sekitar rumah kita. Anda juga bisa membudidayakannya dengan cara vegetative buatan mencangkok dan bisa juga stek batang. Jika ingin tahu lebih jauh tentang bunga melatih klik di sini. Langkah membuatnya sederhana sob.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

MEMILIH BUNGA

Pilih bunga yang baru mekar, kemudian potong dahan/rantingnya agak jauh dari tangkai bunggnya, kira 15 – 20 cm.

 PANGKAS DAUN

Daun di bawah kelopak bunga sisakan beberapa saja biar menarik. Daun yang lain pangkas saja.

 STERILKAN

Setelah dipangkas daunnya maka langkah selanjutnya kita bersihkan dahan, daun, dan bungganya. Khusus mahkota jangan disentuh karena bisa menyebabkan warna putihnya  menjadi kekuningan. Daunnya kita bersihkan biar kelihatan lebih mengkilat dan menghijau hingga segar dipandang. Pakai air bersih dan dilap dengan bahan yang halus.

 MEDIA

Siapkan media yang bersih dan menarik. Tidak harus beli, bekas bungkus sabun pel atau botol minuman mineral juga bisa dipakai. Bersihkan dulu bagian dalam dan luarnya. Kemudian isi dengan air yang bersih. Tambah bagus jika air diganti setiap 3 hari sekali biar bunga selalu segar.

 MERIAS

Layaknya pengantin. Beberapa dahan yang sudah kita siapkan ditata sedemikian rupa, jiwa seni anda harus berperan nih. Tata seperti menata rabut anda, sesuka hati heeeee ….. heeeee …..

 PENYAJIAN

Taruh bunga di tempat yang strategi. Bisa di meja ruang tamu, di atas meja telfon, pojok ruang, atau tempat lain yang pas. Semerbak wanginya akan semakin bertambah jika di pasang di semua ruangan : ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, ruang makan, bahkan di kamar mandi.

 Sahabat, ingin buktinya? Ya tentunya harus dicoba dong. Kami yakin anda akan merasakan hal yang beda saat di rumah. Lebih kerasan dan betah berlama-lama di rumah kita. Tamu yang hadirpun akan tertarik dengan keindahan dan bau harum yang merebak. Paling menyenangkan bahwa dengan cara ini kita lebih sehat dan terhindar dari bahan kimia. Uang jatah beli pewangi ruangan kita tabung aja deh heee…… menarik bukan?? (b@chree)

 Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Recent Posts :

, , ,

  1. #1 by Abed Saragih on 28 2011, 2011 - 09:54

    nice info🙂

    kunjungan dan komentar balik ya gan

    salam perkenalan dari

    http://diketik.wordpress.com

    sekalian tukaran link ya…

    semoga semuanya sahabat blogger semakin eksis dan berjaya.

  2. #2 by Dokter Anak on 27 2011, 2011 - 16:38

    trima kasih tipsnya yaa..bermanfaat skali…

  3. #3 by infokes on 17 2011, 2011 - 11:44

    wah boleh juga nih tipsnya, memang pewangi kimia terkadang membuat perut mual dan mata berkunang-kunang, tetapi saya rasa tidak intuk pewangi yg satu ini, bunga melati, thx infonya.

    • #4 by bchree on 23 2011, 2011 - 19:06

      terima kasih juga sudah sudi berkunjung ke sini ….🙂 salam kenal mas/mbak

  4. #5 by Saipuddin on 11 2011, 2011 - 05:33

    kalau diletakkan di dalam rumah, kira-kira masih segar nggk mas, kan tidak kena cahaya matahari.

    • #6 by bchree on 23 2011, 2011 - 19:05

      insyaa … masih fresssssssss …. malah kalau kena sinar cepet menguning

  5. #7 by rusydi on 9 2011, 2011 - 20:37

    lama gak berkunjung ke sini. kalo saya suka bunga sedap malam. gak perlu dipetik, langsung dari pohonnya. tapi istri saya takut, karena aromanya mistis, katanya.

    • #8 by bchree on 23 2011, 2011 - 19:01

      heeeee … aroma jaelangkung yang mas …… heeee🙂
      sy juga sekali bunga sedap malam, ingat saat di desa dulu haruuuuuuuuuum

  6. #9 by SITI FATIMAH AHMAD on 6 2011, 2011 - 14:24

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Bchree yang baik…

    Hadir untuk menyapa bagi terakhir kalinya sebelum mengundur diri dari keindahan persahabatan di maya. Saya sangat menghargai segala sapaan dan silaturahmi selama kita bersama.

    Kita hanya bertemu lewat catatan di poskad kenangan. Hanya memandang kaburan wajah di potret khayalan. Hanya mengetik huruf-huruf di tinta minda. Maafkan saya lahir dan batin jika…. pada tutur kata yang sesekali mencalar hati dalam penulisan dan pendapat diberi.

    Semoga Allah selalu memberkati persahabatan yang terjalin baik ini. Sebuah KENANGAN TERINDAH akan menyusul dalam diari kehidupan kita sebagai satu ikatan yang tidak bisa terlerai, andainya pertemuan itu bukan lagi milik kita. Doakan saya dalam kehidupan ini di dunia dan akhirat. Aamiin.

    Salam mesra penuh ukhuwwah berpanjangan hingga ke akhirat dari saya Siti Fatimah Ahmad, Sarikei, Sarawak.

    • #10 by ayomendidik on 7 2011, 2011 - 19:19

      😥 😥 😥 😥 😥😥
      jadi sedih nih bun ……
      namun semoga ini yang terbaik buat bunda🙂

  7. #11 by kakaakin on 6 2011, 2011 - 01:01

    Tipsnya keren nih. Hemat banget😀
    tetapi bila tidak ada bunga, mungkin terpaksa juga deh memakai pewangi yang semprot-semprotan itu😀

    • #12 by ayomendidik on 7 2011, 2011 - 04:12

      heeee …. semprot-semprot biasannya agak bahaya tuh
      bunganya bisa nanamkan mbak? bisa mencangkok di rumah kok😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: