Mencipta Soal di balik JERUJI POM BENSIN

Mencipta Soal di balik JERUJI POM BENSIN

Setelah sholat Jum’at saya bergegas berangkat menuju Dinas Pendidikan Lumajang untuk menjalankan tugas tambahan sebagai bagian dari Tim Pembuat Soal Kabupaten. Kondisi yang mendung membuat saya menambah kecepatan sepeda motor. Dengan kecepatan sekitar 80 km/jam dibarengi ngobrol kecil dengan sahabat senior yang saya bonceng membuat perjalanan bertambah semangat. Mendung semakin rapat saat kaki kami menginjak pelataran Dinas Pendidikan. Hujan menguyur kota lumajang bagian utara, berirama dengan iring-iringan mobil yang meluncur menuju arah laut utara.

Sekitar pukul 17.30 kami sampai di tempat tujuan. Sebuah hotel yang berada di tepi jalan besar arah banyuwangi dengan jalur utara. Jalan yang dulunya dibangun oleh Daendles dari anyer ke panarukan. Sebelah utara hotel adalah laut utara dengan ombak yang bersahabat. Terkesan minimalis dan indah tempat yang kami kunjungi, fasilitas hotel yang tertata rapi juga membuat kami kerasan. Setibanya di sana saya langsung menuju kamar nomor 137 yang bersebelahan dengan Tim Penyusun Naskah Agama Hindu dan Kristen. Setelah sholat isya’ acara pembukaan Pembuatan Naskah Try Out UASBN, UUB Semester Genap Kelas VI, dan UAS 2011 di mulai. Acara tersebut dibuka oleh Bp. Rozaq selaku Kabid TK/SD. Ketua Tim Pembuat Soal kali ini adalah Bp. Tandoyo seorang pengawas yang selalu bersemangat meskipun sudah usia senja.

Singkat cerita, pembuatan soal ini bener-bener membuat saya bekerja ekstra keras. Pada awalnya saya sudah sedikit lega karena kisi-kisi dan naskah soal sudah selesai pada malam pertama. Editing oleh pengawas  juga sudah dilakukan berulang-ulang. Hari kedua sedikit santai sehingga bisa sedikit refresing. Eh ternyata saat malam terakhir Tim Editor ingin merubah beberapa soal yang sudah saya buat, karena dianggapnya terlalu mudah bagi siswa. Apa boleh buat namanya juga anak buah, akhirnya sekitar pukul 15.00 di kamar 137 itu saya harus lepas baju (tidak lepas celana loe), kosentrasi habis-habisan untuk menggati dan menyelesaikan sekitar 10 soal yang harus derefisi. Soal-soal yang dianggap terlalu mudah padahal menurut pribadi sudah sesui dengan KD, buku BSE dan kondisi siswa secara rata-rata. Sebenarnya dalam hati bergejolak, “kok tidak kemarin-kemarin merubahnya padahal sudah saya ajukan berulang-ulang dan sudah diACC”. “Sudahlah, ini waktunya belajar lebih cerdas” berbisik dalam hati menenangkan fikiran. Untunglah saya dibantu senior saya yang sudah malang-melintang dalam pembuatan soal (Bp Kohar, Kepala Sekolah salah satu SD di Lumajang yang juga satu Tim Mata Pelajaran_trims pak).

Mata terasa panas, punggung sakit, dan perut yang kosong karena tidak sempat makan malam bersama tim lain. Bahkan kami tidak bisa ikut breaving malam. Sekitar pukul 21.00 soal sudah kami selesaikan dengan kualitas yang diharapkan mereka (Editor). Segera kami cetak dan kami berikan kepada beliau, eh ternyata tidak langsung diedit karena beliau mau jalan-jalan ke tempat wisata terdekat. “nggak apa2lah, beliau mungkin butuh refresing” bergumam dalam hati. Karena belum di edit, waktu sengang saya gunakan berkunjung ke kamar teman, sekitar 5 menit merebahkan diri. Tiba-tiba salah satu anggota sekretariat minta tolong untuk membantu Tim lain yang belum selesai. Kasian juga temen saya (saat itu beliau meneteskan air mata) yang memang kurang lihai di IT sehingga kesulitan dalam memasukkan gambar untuk naskah, dilain sisi dia mendapat tuntutan dari  Tim editor yang selalu ingin terbaik dan jarang yang memberikan solusi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Baru esok paginya naskah yang kami berikan ke editor dikembalikan dan ternyata masih ada lagi yang perlu direfisi. Padahal saat itu barang-barang disekretariat sudah dikemasi termasuk printer dan lain-lain. “refisinya kok tidak tadi malam pak” hati ini sedikit mengeluh. Untunglah saya juga membantu beberapa pekerjaan di tim sekretariat, jadi masih diijinkan membuka lagi printer yang sudah off.

Hal-hal yang membuat naskah kami terlambat :

Ø Perbedaan cara pandang dalam pembuatan naskah.

Ø Pemahaman tentang pembuatan naskah saya sesuaikan dengan hasil workshop di propinsi sebelumnya. Ternyata ada beberapa yang beda dengan tim editor.

Ø Kualitas soal juga kebanyakan diminta di atas rata-rata buku pengangan siswa.

Ø Tim Editor tidak langsung memberikan solusi terbaik jika ada permasalahan pada soal.

Ø Teman-teman disekretariat kurang menguasai IT sehingga menghambat percepatan editing dan cetak.

Ø Kamar hotal tidak di fasilitasi meja dan kursi untuk bekerja.

Ø Yang paling penting mungkin karena saya belum begitu mahir dalam pembuatan naskah soal (harus banyak belajar seperti yang dikatan tim editor kami).

Tapi secara keseluruhan Tim Besar Pembuatan Naskah kali ini sudah berjalan lebih baik dari tahun kemarin, semoga saja tahun depan lebih baik lagi.

Recent Posts :

  1. #1 by sedjatee on 9 2011, 2011 - 17:33

    ya.. semoga ke depan lebih baik
    salam sukses..

    sedj

    • #2 by bchree on 9 2011, 2011 - 19:38

      terima kasih mas …..😆 :))

  2. #3 by Kakaakin on 9 2011, 2011 - 08:11

    Memang tak mudah membuat soal untuk diujikan. Pertimbangan ‘terlalu mudah’ atau ‘terlalu sulit’ kadang bikin pusing🙂
    Btw, apa hubungannya dengan jeruji pom bensin ya?

    • #4 by admin on 9 2011, 2011 - 16:33

      heeee …. pinter juga nih pertanyaanya
      letak hotelnya ada di belakang pom bensin, mau nampilin fotonya belum bisa, jadi dilingkungan hotel ada pom bensi, ada supermarket, ada cafe, dan lain-lain …

  3. #5 by riez on 8 2011, 2011 - 21:18

    • #6 by admin on 9 2011, 2011 - 16:31

      terima kasih riez ….
      segera ke TKP

  4. #7 by blog berita indonesia on 8 2011, 2011 - 19:50

    boleh tukaran link g gan?
    link anda uda ane pasang di http://heavyjunk.com/blogroll.
    Nama blog agan “Lentera Zaman”
    Tolong pasan link saya ya gan..
    trim’s

    • #8 by admin on 9 2011, 2011 - 16:30

      boleh sekali …
      waktu dekat pasti terpasang, sabar yach …

  5. #9 by gotaufik on 8 2011, 2011 - 18:32

    wahhhh….
    salut sama pak guru,
    sukses ya pak.
    jangan susah-susah soalnya kasian anak didiknya🙂

  6. #11 by panggilakudinda on 8 2011, 2011 - 12:45

    berkunjung niih,mau bagiin paketan, tok tok toook, ting nong, ada paket award lhoo..silahkan diambil ya ke sini : http://panggilakudinda.wordpress.com/2011/02/08/stylish-blogger-award/

    • #12 by bchree on 8 2011, 2011 - 17:13

      terima kasih mbak
      segera ke tkp!

  7. #13 by Penghuni 60 on 8 2011, 2011 - 09:48

    Salut saya…
    slm knl ya pak…
    smoga sukses selalu!

    • #14 by bchree on 8 2011, 2011 - 17:15

      terima kasih
      senang mengenal anda😆

  8. #15 by Alam on 7 2011, 2011 - 22:56

    waduh.. hebat bener si bapak guru ini🙂 salut deh..

  1. Stylish Blogger Award « panggilakudinda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: