workshop penyusunan bank soal sekolah dasar se jawa timur tahun 2010

WORKSHOP PENYUSUNAN BANK SOAL

SEKOLAH DASAR SE JAWA TIMUR

TAHUN 2010

Saat kita mendapat ilmu baru, saat itu pula kita merasa bahwa banyak sisi kekurangan pada diri kita. Semakin banyak belajar, semakin tahu bahwa kita jauh dari sempurna. Pengalaman berharga saat bersama dengan guru-guru senior sePropinsi Jawa Timur di Hotel Surya Indah Batu dalam rangka WORKSHOP PENYUSUNAN BANK SOAL SEKOLAH DASAR SE JAWA TIMUR TAHUN 2010 (Desember 2010). Kalimat yang patut saya ucapkan, “ternyata membuat soal itu tidak semudah dan seremeh yang kita lakukan selama ini, akibat dari kesalahan ini guru cenderung menyiksa dan menganiyaya siswa dalam ujian serta memperkosa kemampuan normal siswa”.

Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan jalan kepada saya sehingga bisa menuntut ilmu lebih banyak dalam rangka memperdalam pemahaman untuk menjadi guru yang baik dan benar. Terima kasih setinggi-tingginya kepada DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LUMAJANG yang telah memberikan kepercayaan mengikuti beberapa kegiatan Workshop di tahun 2010 (di antaranya CLCC se Jawa Timur di Surabaya, Diklat Guru Pemandu Matematika se Indonesia di Yogyakarta, Workshop Guru Pemandu Bahasa Indoneisa se Jawa Timur di Batu Malang, dan Workshop Penyusunan Bank Soal Sekolah Dasar se Jawa Timur di Batu Malang).

Sudah bukan hal yang aneh bagi saya. Setiap mengikuti workshop setingkat Propinsi, apa lagi Nasional pastinya saya barada termasuk gologan bawah. Maksud dari gologan bawah adalah usia saya pasti paling muda di antara peserta yang lainnya, serta pengalaman saya pasti jauh di bawah peserta lain. Maklumlah mereka usianya kebanyakan di atas 40 tahun. Beliau-beliau sudah banyak melang-lang buana di dunia pendidikan.

Ternyata membuat soal itu tidak mudah. Setelah mengikuti workshop. Saya baru sadar bahwa membuat soal itu tidak seremeh seperti yang kita lakukan selama ini. Antara kurikulum, materi, kisi-kisi, kartu soal, dan master soal harus membentuk hirarki yang benar dan dapat dipertangungjawabakan. Mata dan telingga saya terbuka lebar-lebar saat saya menanyakan beberapa hal kepada penyaji. Ternyata sebuah kalimat terlontar kepada saya, bukan merupakan jawaban dari pertanyaanku, namun pertanyaan balik yang menyadarkan saya bahwa dari wajahpun kelihatan kalau saya orang baru di dunia membuat soal setingkat nasional (heeee kacian gue yach_red). “Baru pertama bergabung buat soal ya mas?” pertanyaan itu tidak menggunakan “Pak” sapaan guru, namun pakai “Mas”. Berdasarkan pertanyaan itu saja ternyata saya belum pantas jadi guru yach? …. (Kacian gue untuk ke 2x nya_red)

Sepulangnya dari workshop ini saya coba cek beberapa soal dan kisi-kisi. Ternyata semuanya harus “dibuang” dan diganti soal yang baru. Setelah saya cek ke beberapa sahabat guru lain, ternyata kondisinya sama, harus banyak yang “dibuang” dan diperbaiki lagi. Kesimpulan yang saya ambil, ternyata guru hampir 80% masih salah dalam membuat soal. Akibatnya adalah siswa yang menjadi korban ketidak berhasilan dalam melaksanakan ujian.


Bagai mana menurut anda tentang membuat soal? Kalau ada masalah bisa kita diskusikan. Silakan beri komentar aja di bawah artikel ini atau anda kirim via email. Semoga kita semakin tahu bahwa kita butuh banyak belajar, sehingga pendidikan kita lebih bermutu dengan memiliki guru yang benar-benar berkualitas.

Bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan contoh kartu soal, bisa downloud dengan klik KARTU SOAL. Namun jika butuh materi insyaallah kami bisa mengirim via email. Beri komen aja di bawah dan alamat email anda.

Penjelasan kata :

Fungsi kartu Soal   = Untuk menelaah soal layak diapaki atau dibuang

Fungsi Kisi-Kisi      = Meratakan Jumlah soal tiap indicator

“dibuang”              = kata yang biasa dipakai untuk kartu soal yang salah dengan arti kartu

soal tidak dipakai.

Recent Posts :

, ,

  1. #1 by neneng nurbaningsih on 13 2011, 2011 - 18:46

    wah jadi tergugah nih, untuk menjadi lebih baik dalam membantu anak2 bangsa belajar ! mhn email dong materinya ke alamat email saya (neneng.nurba@yahoo.com). Dan pasti akan saya sharing dgn teman sejawat.
    Ditunggu emailnya
    thanks

    • #2 by ayomendidik on 17 2011, 2011 - 15:59

      maaf baru bls, iya tunggu aja, suatu saat kami kirim bu ….

  2. #3 by asjanify on 30 2010, 2010 - 07:49

    waduh, apalagi saya yg bertanya ya? bisa ditanya apa nih sama penyaji…. hehe

    hm, saya liat kartu soal yg sdh didonlot,tp cm satu soal y… maksudnya kartu soal itu bgaimana, Pak?
    katanya untuk menganalisa soal, bagaimana caranya?
    sya masih kurang paham..

    oia, saya jg mau dnk dikirimi hasil dari wokshop penyusunan soal, contoh kisi-kisi dan kartu soal yg dari malang.
    terima kasih.

    • #4 by bchree on 31 2010, 2010 - 04:39

      terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
      emang kartu soalnya sy buat hanya satu, yang lain sy hapus dengan tujuan biar tidak menhabiskan memori di blog ini.
      yang lengkap ada, kirimannya lain waktu dulu yach…. mudah2 bisa segera sy kirim

  3. #5 by Agus Sukyanto on 22 2010, 2010 - 05:40

    Jadikan blog ini sabagai sarana berbagi informasi sesama anak bangsa. perkaya terus konten blog dengan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. selamat bekerja.

    • #6 by bchree on 24 2010, 2010 - 05:35

      terima kasih atas kunjungannya pak, semoga sy bisa lebih baik lagi. mohon bimbingannya

  4. #7 by koeshariatmo on 16 2010, 2010 - 18:08

    iya betul.. saya buat kartu soal rada susah..
    memang tidak semudah yang dikira

    • #8 by bchree on 17 2010, 2010 - 17:09

      tapi dengan sering latihan pasti mahir mas, selamat berlatih

  5. #9 by ekobudipurnama on 13 2010, 2010 - 21:08

    tolong sy dikirimi via email, hasil dari wokshop penyusunan soal, contoh kisi-kisi dan kartu soal yg dari malang. terima kasih.

    • #10 by bchree on 14 2010, 2010 - 04:29

      tunggu mas, nanti kalau sy tidak sibuk sy kirimi …. OK

  6. #11 by ekobudipurnama on 13 2010, 2010 - 21:01

    sebelum membuat soal guru harus tahu asesmen dulu, kebanyakan guru kurang mengerti tujuan penilaian kelas, padahal guru hendaknya diarahkan pada 4 tujuan penilaian kelas (chittenden, 1991) yaitu penelusuran, pengecekan, pencarian dan penyimpulan. pada intinya guru harus memahami prinsip-prinsip dan strategi penilaian kelas serta mengerti kaidah penulisan soal bentuk pilihan ganda, isian, uraian. Dengan demikian guru bisa membuat soal dg baik dan benar.

    • #12 by bchree on 14 2010, 2010 - 04:28

      wah mas eko faham benar ya masalah penilaian…. bagi ilmunya dong …??

Tinggalkan Balasan

