Internet Sehat bikin Hebat

INTERNET SEHAT BIKIN HEBAT

Sekitar sebulan yang lalu, tepatnya hari Minggu saya ingin memposting artikel ke blog. Karena lagi ada di rumah mertua jadi tidak bisa koneksi ke internet. Akhirnya, saya putuskan untuk pergi ke warnet terdekat. Sekitar pukul 11.00 WIB saya masuk ke warnet. Pengunjung saat itu banyak sekali, sekilas saya amati beragam yang ada. Mulai dari usia sekolah dasar sampai paruh baya.

Yang jadi perhatian  saya adalah pemakai internet di sebelah kiri saya. Sepintas saat saya datang yang duduk di situ ada dua orang, cewek dan cowok. Usianya sekitar usia SMA. Sesekali terdengar obrolan yang bernuansa canda dan dihiasi tertawa kecil geli. Dalam fikiranku mulai curiga dengan apa yang mereka lakukan. Namun datang angin seger dalam otak, “nggak usah urusin mereka”. Akhirnya saya mencoba menutup telingga dan kosentrasi ke edit blog. Sekitar 30 menit kemudian, pekerjaanku memposting artikel sudah usai. Saat akan beranjak, fikiran yang tadi hilang muncul lagi. “2 sejoli tadi kok ngak ada suara?”. Sambil berdiri pelan-pelan aku jahil dikit melirik ke kiri. Sekitar hanya setengah detik lensa mataku menangkap apa yang ada di monitor mereka. Eh … eh … eh ternyata mereka lagi asyik nonton filem orang dewasa (porno_red). “Wah, enak banget ya nonton bareng, sambil tertawa-tawa lagi” fikiran kotorku mulai dihadiri iblis.

Lain cerita. Di warnet lain masih di kota kecil ini. Lomba Kontes Foto Blogger 2010 tinggal sehari. Karena mengejar deadline lomba, maka sekitar pukul 00.30 dini hari saya ke warnet. Saat masuk ke sana, langsung sesak nafas karena paru-paru disambut asap rokok mengepul dari pengunjung yang rata-rata laki-laki. Sekilas wajah mereka seram-seram,  mata merah, rokok dan kopi ada di depan mereka. Dengan terpaksa saya teruskan niat untuk mengirim foto  ke kontes Foto Blogger 2010. Saat lagi tegang nunggu foto terkirim. Salah satu pengunjung di depan saya berdiri dan melihat ke teman sampingnya. Dengan bangganya dia berkata “mosok ndak bosen rek, molae biyen seng di delok film porno tok (masak tidak bosan, dari dulu yang dilihat film porno saja _red)”.

Cerita yang memalukan juga terjadi seperti yang diceritakan istri saya. Di kecamatan dia mengajar ada 2 guru wiyata bakti yang mencoreng nama besar GURU, karena ulah mereka yang hamil sebelum menikah. Usut demi usut ternyata mereka sering mengunakan fasilitas internet gratis yang ada di sekolah mereka untuk nonton barang film porno saat sekolah lagi sepi. Tidak tahan dengan adegan tersebut, mereka langsung play on. Serem juga yach.

Belum lagi cerita sahabat saya yang juga bekerja sebagai guru. Peserta didiknya yang masih usia Sekolah Dasar sudah banyak yang mengkases situs-situs porno dari internet di HPnya. Mereka juga di dukung oleh lingkungan yang sepertinya sudah menganggap biasa hal tersebut. Kabar  terakhir ada salah satu siswanya akan berbuat mesum dengan siswi SMP tetanganya.

Masih sering kita dengar berita hilangnya remaja gara-gara berkenalan lewat facebook. Atau Anak kita yang 24 jam berada di depan monitor hanya gara-gara kirim salam lewat facebook atau jejaring lain. Penipuan-penipuan gara-gara kita memberikan alamat lengkap di internet.

Ketika kita mendengar cerita-cerita seperti di atas. Rasanya ingin mengelus dada. Bikin ciut nyali para orang tua yang memiliki anak usia berinjak remaja dan dewasa. Orang tua akan semakin curiga dan traouma saat putra atau putrinya berpamitan ke warnet. Dunia internet seolah-olah momok bagi kita. Semakin miris hati orang tua saat tahu bahwa situs-situs yang menampilkan hal-hal jorok, pornografi, kekerasan, dan hal lain yang jelek tidak diblokkir oleh negera kita. Asal tahu situsnya, siapapun bisa dengan aman menikmati.

Sebenarnya internet hanyalah alat, sarana, media kita untuk lebih mudah dalam bekerja. Seharunya internet benar-benar kita gunakan demi kemajuan kita. Selayaknya internet bukan sekedar untuk  hal-hal yang bisa merusak diri, merusak keluarga, merusak masyarakat, merusak bangsa, dan membobrokkan budaya manusia. Internet tergantung dari saya, anda, kalian, dan mereka. Harusnya kita sadar dan ikut menyadarkan orang lain dalam penggunaan media ini.

Seperti warnet-warnet tidak menyediakan file-file yang berbau pornografi dan kekerasn. Memberikan himbauan besar-besar agar tidak mengakses situs porno. Diusahakan pengunjung terlihat oleh pengunjung lain dari 8 arah mata angin, biar tidak terjadi kegiatan abnorma. Tambah  bagus monitor bisa dilihat oleh orang banyak. Menghapus data downloud secara berkala.

Lembaga pendidikan (sekolah_red) melakukan razia laptob dan HP secara berkala. Memberikan bimbingan khusus dengan tema internet sehat. Mempererat hubungan dengan wali murid dan masyarakat untuk lebih menasehati dan mengawasi generasi terhadap pemanfaat internet. Mengadakan kegiatan yang positif melalui media maya seperti mengirim tugas lewat email, mengerjakan soal-soal tugas guru, lomba artikel di blog, membuat lomba foto dengan tema mendidik  dan kegiatan lain yang membuat siswa cinta internet dengan kegiatan positif.

Orang tua selalu mendampingi putra-putrinya jika pergi ke warnet. Jika di rumah ada koneksi internet, maka diletakkan di tempat yang bisa dilihat oleh banyak orang. Seperti di ruang tamu atau ruang makan. Orang tua sering mengajak anak untuk mengikuti kegiatan keagamaan agar menyadarkan dan meningkatkan kecerdasan beragama sebagai modal membentegi anak dari pengaruh luar yang jelek. Salah satunya bahaya internet yang tidak sehat. Mengajak anak berkunjung kesitus-situs yang mendidik. Berkunjung kesitus-situs yang mengadakan lomba yang bisa dijangkau anak.

Pemerintah memegang peranan yang besar dalam mewujudkan internet sehat. Mulai dari kebijakan-kebijakan perudang-undangan sampai kampanye-kampanye dalam menyehatkan jiwa masyarakat dalam berinternet sehingga mereka mampu berprilaku internet sehat.

Sekarang tergantung saya dan anda. Mari perbaiki dari diri sendiri dalam memanfaatkan media internet ini. Jika kita sudah benar-benar bersih dan benar dalam memanfaatkan. Langkah selanjutnya mari imbaskan ke keluarga, saudara, tetangga, masyarakat, dan Negara kita. Seandainya setiap insan berfikir mari mulai dari diri saya. Pastinya semangat internet sehat akan segera menjadi atmosfir internet sehat di Negara kita. Dengan berinternet sehat, maka kemajuan akan segera kita dapatkan. Kita akan menjadi manusia yang lebih berkualitas. Finalnya! saya, anda, kami, kalian dan mereka akan menjadi orang-orang yang hebat. SEMOGA.

Artikel ini diikutkan Festival Blog 2010 yang diadakan oleh BLOGVAGANZA

pustaka gambar :

http://www.ruangpskikologi.com

www.navilink47.multiply.com

www.elevenone.co.cc

blogvaganza

http://www.ldiikotamalang.wordpress.com

gambar editan sendiri didukung oleh www.glitterfy.com

ditulis secara urut sesuai tampilan artikel

Recent Posts :

  1. #1 by Datamaya Consulting on 7 2016, 2016 - 07:05

    Kebetulan saya bekerja di sebuah perusahaan digital agency di Jakarta, jadi sering berurusan dengan hal-hal terkait internet. Saya pernah melakukan analisa, apa sih topik yang paling banyak dicari di Google oleh pengguna internet di Indonesia? Coba tebak… Ya, tidak lain tidak bukan pencarian paling tinggi adalah hal-hal yang berbau pornografi. Ini memang sudah dampak tak terhindarkan dari kemudahan yang didapat dari internet. Tinggal pinter-pinternya kita menjaga dampak negatifnya ke putra-putri kita🙂

  2. #2 by jihaepark16 on 24 2013, 2013 - 22:18

    Alhamdulillah tad, orang tua selalu mengingatkan

    • #4 by bchree on 13 2010, 2010 - 12:24

      selamat berjuang juga mas
      ok segera ke TKP

  3. #7 by kangrahmat on 8 2010, 2010 - 18:27

    ada ga yah dokter internet??
    ya kita sendiri, yang tahu sehat dan tidaknya..
    nice post

    ditunggu kunjungannya
    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/

    • #8 by bchree on 9 2010, 2010 - 10:07

      bener bro… segera ke TKP

  4. #9 by kemilauStardust on 7 2010, 2010 - 20:51

    internet sehat dimulai dr diri sendiri🙂
    saya berinternet sehat loh pak🙂

    • #10 by bchree on 8 2010, 2010 - 10:01

      bener nih tetap berinternet sehat ….? yang kemarin tu lihat apa? heeeee …..

  5. #11 by ervin sujiono on 5 2010, 2010 - 10:05

    Ok saya juga sama sering kali menemukan permasalahan yang anda tulis, saya juga sangat prihatin dengan keadaan yang demikian karena dengan adanya warnet2 yang ada saat ini tidak ada batasan-batasan umur dan ketentuan yang harus dijadikan aturan gar anak-anak kita tahu bagaimana bermain internet yang sehat seperti anda kemukakan, sebenarnya saya juga menemukan sedikit kebocoran dari pengelola warnet yang ada disekitar rumah saya bahwa mereka pernah mencoba untuk mengunci akses situs porno eeeeeee ternyata pendapatan warnet mereka berkurang, na ini bukti bahwa situs porno masih jadi menu utama mereka dalam bermain internet wah wah wah emang benar kalau kita harus selalu mengjak untuk ber internet sehat.Yang pasti saya akan selalu mendukung dan bersama anda untuk mengkapanyekan Internet sehat……………….

    • #12 by bchree on 5 2010, 2010 - 12:17

      terima kasih pak, begitulah mereka rela dapat uang banyak meski merusak moral bangsa

  6. #13 by pardan on 3 2010, 2010 - 23:14

    dengan internet kita bisa dapet wawasan lebih luas tapi awas lho!!!

    • #14 by bchree on 4 2010, 2010 - 06:20

      bener banget pak, internet bikin tambah hebat, tapi meski hati2 / mawas diri

  7. #15 by Dipta on 29 2010, 2010 - 15:07

    Waduh foto profil ta pak ??
    heheheeh

    • #16 by bchree on 29 2010, 2010 - 18:34

      menurut mas dipta foto profilnya termasuk INTERNET SEHAT apa bukan??tau’ ngak INTERNET SEHAT mas?apa hayoooooooooo?

  8. #17 by SITI FATIMAH AHMAD on 28 2010, 2010 - 22:00

    Assalaamu’alaikum sahabat guru, Bhcree..

    Kunjungan di hujung minggu menyapa bertanya khabar agar sihat dan selamat berlibur bersama keluarga tercinta.

    Semoga impian untuk menang di kontes ini bisa dimakbul Allah. Sambutan terhadap posting ini juga bagus dan mantap sekali. Teruskan usaha untuk lebih berjaya. Selamat menulis dan terus menulis untuk kemenjadian manusia agar menjadi sehat mindanya.

    Salam hormat selalu.

    • #18 by bchree on 29 2010, 2010 - 08:20

      waalaikumsalam ….
      selamat berakhir pekan juga buat bunda bersama keluarga di malaysia. semoga pekan ini menjadi pekan yang indah. semoga Allah memberi rahmat-Nya kepada keluarga bunda.
      terima kasih atas doa’nya

      slam hormat dari lumajang, jawa timur, indonesia

  9. #19 by bida2riku on 28 2010, 2010 - 13:36

    mari kita galakkan internet sehat agar Indonesia aman dari bencana, mulai dari melepaskan generasi muda kita dari cengkraman FACEBOOK, baca juga https://bida2riku.wordpress.com/2010/11/28/facebook-versus-narkoba/

    • #20 by bchree on 28 2010, 2010 - 13:41

      SETUJU BANGET, segera ke TKP ….
      terima kasih kunjungannya !

  10. #21 by adjaj on 28 2010, 2010 - 12:53

    halo mas,
    negative content di internet memang banyak. bisa bikin perubahan pada pengguna, bukan cuma usia muda, tapi yang udah senior juga.

    kadang kala, kita pake internet niatnya bukan buat cari yang kayak gitu. tapi karena gak sengaja nemu link ‘aneh’, penasaran, lalu di klik. maka bertambahlah pengetahuan kita seputar hal itu. *pengalaman_pribadi_main_di_kaskus*

    pasti diantara berjuta pengguna, pernah mengalaminya.

    • #22 by bchree on 28 2010, 2010 - 13:40

      heeee. … bener mas, hampir semua yang di dunia maya terjebak ke situ, tapi kita harus belajar lebih hati-hati. semoga kita lebih sehat berinternet, terima kasih kunjungannya …

  11. #23 by saipuddin on 27 2010, 2010 - 17:17

    usia remaja emang rentan sama yg begituan, saya bisa merasakannya tapi mudah-mudahan selalu bisa jaga diri, dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

    Nice Post. Mudahan sukses lombanya.

    • #24 by bchree on 28 2010, 2010 - 10:23

      iya mas, harus lebih hati-hati. sebagai manusia normal nafsu itu ada. namun jika kita benar-benar menjaga dan hati-hati kemungkinan bisa jaga diri. semoga mas uddin diberi rahmat-Nya, sehingga tetap bisa BERINTERNET SEHAT.amiin

  12. #27 by Admin on 27 2010, 2010 - 14:43

    Kalo udah Pak Guru yang bicara, guwe ngikut aja dech….Karena dijamin pasti bermutu…betul?😀😀😀

    • #28 by bchree on 28 2010, 2010 - 10:21

      heee …. heeeee ….. sy mau ngomong betul takut salah, mudah2an betul, terima kasih atas kunjunggannya yach? gambarnya semangat amat!

  13. #29 by abdul on 27 2010, 2010 - 11:45

    Makasih atas , tulisannya … sesama guru kita menghadapi probelema yang sama

    jangan lupa berkunjung ke abdullahkhoirulazzam.blogdetik.com
    makasaih yow pak!

    • #30 by bchree on 28 2010, 2010 - 10:16

      iya pak sesama guru harus kompak, selamat hari PGRI ke 65 dan hari guru ke16 semoga guru indonesia semakin bijaksana dan cerdas

  14. #31 by Cucu Hermawan on 27 2010, 2010 - 00:45

    Linknya sudah disimpan, lihat di http://cucuhermaone.blogdetik.com/tukeran-link/
    pasang link balik ya,, thanks

    Diskusi INternet sehat lagi deh disini
    http://cucuhermaone.blogdetik.com/umum/membangun-peradaban-indonesia-dengan-internet-sehat/

    Internet sehat memang bikin hebat!!!

    • #32 by bchree on 28 2010, 2010 - 04:47

      wah salut deh buat mascucuhermaone. komentar di artikelnya buanyak banget, luar biasa

  15. #33 by ebi on 26 2010, 2010 - 18:31

    heheh.. tulisan yang bagus , semoga bermanfaat dan menginspirasi banyak orang

    • #34 by bchree on 28 2010, 2010 - 04:42

      terima kasih kunjungannya, gitu donk … berbagi tak pernah rugikan??? kemana aja loe … kemarin lomba hari PGRI& guru ngak nongol2, ranting kita sampai ada yang pingsan karena tidak ada pemain pengganti

  16. #35 by Kakaakin on 26 2010, 2010 - 11:20

    Semoga sukses dengan lombanya ya…
    Saya nyerah untuk lomba yang satu ini😀

    • #36 by bchree on 28 2010, 2010 - 04:40

      baru kali ini kakaakin menyerah, ikutan aja la …. itung2 latihan buat artikel, buruan ikut yach, masih tanggal 10 desember kok. semoga sukses juga

  17. #37 by raihsyurga on 26 2010, 2010 - 00:13

    lagi

    • #38 by bchree on 26 2010, 2010 - 03:15

      apanya yang lagi???? jadi heran kwkwkwkw

  18. #39 by raihsyurga on 26 2010, 2010 - 00:10

    assalamua’alaikum
    saya lebih setuj seperti yang ada dikataakn bahwasanya ineternet layaknya pisau tajam bermata dua yang memiliki kecenderungan yang kontradiktif.. lihat saja para generasi bangsa yang telah menjadi korban.. semoga generasi bangsa lekas mampu menerima perubahan..

    • #40 by bchree on 26 2010, 2010 - 03:15

      gmn kalau saya ganti pedang yang tajam heeeee … apala yang penting punya 2 hal yang berbeda dalam manfaat dan mudorotnya.
      bener, kita harusnya lebih save terhadap generasi bangsa dengan memberi teladan??

  19. #41 by farus on 25 2010, 2010 - 19:44

    sip semoga berhasil dan sukses…..

    • #42 by bchree on 26 2010, 2010 - 03:13

      sip juga mas, semoga anda juga berhasil dan sukses

  20. #43 by Abi Sabila on 25 2010, 2010 - 11:59

    betul, internet hanyalah alat, sarana. sama seperti pisau atau senjata lainnya yang bisa bermanfaat namun bisa juga berbahaya, tergantung niat dan tujuan pemakaiannya. menjamurnya warnet satu sisi membawa dampak positif namun juga tak bisa dipungkiri membawa dampak negatif karena membuka peluang yang sangat lebar bagi para penggunanya untuk mengakses situs-situs negatif. namun kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya pada keberadaan warnet, karena semua berbalik kepada diri kita sendiri. mari lindungi diri dan keluarga kita dari pengaruh negatif internet. Harus diakui, internet membawa hal yang positif juga, gunakan dengan bijak dan benar.

    • #44 by bchree on 25 2010, 2010 - 14:21

      Sukron, abi sampun komen teng mriki ……
      benar banget pisau = internet dalam hal sifat penggunaanya.
      mari jaga diri dan keluarga lebih hati-hati

  21. #45 by bintangzohra on 25 2010, 2010 - 11:21

    Tulisan yang mantap dan bernas, walaupun saya menggunakan bahasa yang berbeza tetapi saya masih dapat memahami isi kandungannya.
    Syabas cikgu Bachree,
    salam dari Singapura – ‘two thumbs up’

    • #46 by bchree on 25 2010, 2010 - 14:18

      terima kasih atas penilaiannya. meski beda negera tapi masalah internet pastinya sama-sama mendukung internet sehat, iya kan? apa lagi negera se hebat Singapura!. ngomong2 apa di sana juga ada warnet yach?

      • #47 by bintangzohra on 28 2010, 2010 - 10:11

        Ya, di sini banyak sekali internet cafe, bukan aje di bandar tetapi di sekitar perumahan (kediaman) juga ada.

        • #48 by bchree on 28 2010, 2010 - 10:18

          terus di tiap internet cafe apa ada perbedaan usia?, monitornya tersembunyi apa bisa dilihat oleh banyak orang?, situs-situs porno apa da diblokkir oleh pemerintah singapura?

  22. #49 by SITI FATIMAH AHMAD on 25 2010, 2010 - 09:22

    Assalaamu’alaikum mas Bchree..

    Tulisan yang mantap, berinformasi dan dibenahi dengan pemikiran yang mantap dalam menuang segala ilmu untuk dikongsikan bersama. Dunia digital yang melibatkan penggunaan internet sudah membuka langgit dengan selebar2nya. Kini, berlaku peperangan fikrah di seluruh dunia dek kerana ciptaan canggih yang merapatkan jurang. Tanpa ilmu pengetahuan yang cukup dan pimpinan iman yang mantap, pasti banyak gejala sosial seperti menonton filen pono di semua peringkat umur akan terjebak sama.

    Manusia akan menjadi sihat jika fikirannya sihat, optimis dan positf. begitu juga penggunaan internet yang sekadar alat untuk menyebar segala macam maklumat. hanya dengan mengetik jari di keyboard, semuanya terpapar di depan mata tanpa ada halangan dan peraturan. Jika betul cara penggunaan dan niat yang dipasang untuk mencari maklumat yang sehat bagi menambah baik ilmu dan kehidupan kita, pasti penyalahgunaan internet dapat dikurangkan. mendidik manusia untuk berotak sehat bukan senang. kesehatan minda positif adalah datang dari diri sendiri. Orang lain hanya menyarankan, kita sendiri yang mengurusinya.

    Sungguh malang nasib bangsa yang rendah moralnya, runtuh akhlaknya jika hal sedemikian tidak dibendung awal terutama oleh orang tua, para pendidik dan pemerintah yang tentu besar tanggungjawabnya. bagi membendung gelaja kotor menguasai anak-anak dan bangsa kita, pihak berwajib sepatutnya mengeluarkan akta fitnah dan keselamatan bahan lucah dari terus menguasai medan dunia maya.

    tahniah dan syabas mas Bchree atas keperihatinan terhadap penggunaan internet secara sehat baik di rumah mahupun di warnet. Mudahan tulisan dan perhatian mas bchree melalui acara ini, bisa membantu memartabatkan kemanusiaan manusia untuk sedar kembali akan perlunya menjadi MANUSIA sesuai dengan tuntutan dan penciptaan manusia oleh Allah sebagai KAHLIFATULLAH FIL ARDH.

    Semoga berjaya dan beroleh manfaat dari apa yang disampaikan untuk perkongsian bijak. semora usaha mas di berkati Allah.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

    • #50 by bchree on 25 2010, 2010 - 09:35

      wah bunda luar biasa kalau memberi perhatian dengan komen, terima kasih banyak bunda atas suportnya.
      sebenarnya kalau bercerita tentang negeri ini malu pada bunda, mungkin kerajaan Malasysia lebih rapi dalam peraturan berInternet.
      bisa diberi gambaran sedikit bunda tentang kondisi beberapa warnet di negeri Sarikei, Serawak, Malaysia???
      matur sembah nuwun (terima kasih sangat) untuk bunda

  23. #51 by achoey on 22 2010, 2010 - 10:31

    Tulisan yg bagus
    Pantas menang🙂

    • #52 by bchree on 22 2010, 2010 - 18:41

      terima kasih dukungannya mas, semoga do’anya terkabulkan.Amiin

  24. #53 by ●●●ЄЯШЇЙ●●● on 22 2010, 2010 - 01:28

    Semoga menang ya Sobat…

    sukses selalu…

    • #54 by bchree on 22 2010, 2010 - 05:22

      terima kasih doanya Sobat …..
      sukses juga buag Erwinaziz

  25. #55 by hudaesce on 21 2010, 2010 - 20:54

    Wah……,ternyata begitu parahkah moral remaja sekarang ntuh, sebenernya internet tu bisa menjadi sarana pendidikan yang sangat baik. namun sayang Internet sekarang ntuh banyak yang disalah artikan.😦

    • #56 by bchree on 22 2010, 2010 - 05:21

      bener mas, bukan hanya sikap tapi cara berbicara mereka juga sudah suka yang kotor2, ini salah satu dampak dari internet yang tidak sehat. semoga kita bisa memberi teladan bagi adik-adik atau bahkan orang yang usianya di atas kita

  26. #57 by Cucu Hermawan on 21 2010, 2010 - 17:20

    Wah parah tuh yang 2 sejoli itu, kalo saya yang lihat udah saya rekam tuh kelakuan bocah itu. Haha, biar tahu rasa!!! internet ini memang sangat rawan!

    Yuk diskusi Internet Sehat di
    http://cucuhermaone.blogdetik.com/umum/membangun-peradaban-indonesia-dengan-internet-sehat/

    • #58 by bchree on 22 2010, 2010 - 05:18

      sebenarnya saya bawa kamera digital mas. lawong mau ngelirik aja sy ngak enak, takunya mengganggu privasi mereka. sebenarnya jika ada seperti ini memang harus di ingatkan. tapi saat itu saya tidak BENARI, saya pikir itu tugas yang punya warnet. maaf atas ketidak JENTELAN sy …
      OK kita diskusi INTERNET SEHAT, segerta ke TKP

      • #59 by bchree on 22 2010, 2010 - 18:34

        oh iya ada yang lupa, ikutan lomba juga yang mas hermawan??? ya udah semoga sukses yach!

  27. #60 by jakvolution on 21 2010, 2010 - 16:17

    kita memang harus menggalakan internet sehat tentu untuk kemajuan bangsa sendiri

    • #61 by bchree on 22 2010, 2010 - 05:13

      setuju banget mas jakvolution, mari saling berbagi informasi dengan semangat internet sehat

  28. #62 by ibnu on 21 2010, 2010 - 16:06

    ya jaman sekarang tehnologi bisa disalahgunakan, harus ada cara tepat untuk mencegah, remaja khususnya, dalam penyalahgunaan tersebut dengan cara-cara yang sudah dipaparkan diatas

    • #63 by bchree on 22 2010, 2010 - 05:15

      terimakasi sudah berkunjung mas, terima kasih juda sudah setuju dengan beberapa solusi yang saya tawarkan. semoga ke depan kita lebih sehat dalam berinternet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: