Rahasia Menjadi Pembina Olimpiade Mipa yang Handal


Rahasia Menjadi Pembina Olimpiade Mipa yang Handal

Prestasi siswa yang melejit tak lepas dari seorang guru Pembina yang hebat pula. Untuk menjadi Pembina Olimpiade MIPA tidak harus memiliki IQ yang tinggi, siapapun pasti  bisa menjadi Pembina Olimpiade MIPA yang handal. Pernyataan tersebut saya ambil dari kata-kata Bp. Ir. Hasan Saputra yang merupakan Pembina Olimpiade Matematika Nasional. Bagi anda yang memiliki kemampuan pas-pasan tidak usah berkecil hati, asal anda memiliki niat dan mau bekerja keras pastinya anda akan segera mengasilkan bibit siswa yang handal dalam Olimpiade MIPA. Jika siswa anda sudah sering menjadi juara, itu artinya anda layak di sebut Pembina yang handal.

Berikut beberapa hal yang wajib dimiliki oleh Pembina Olimpiade MIPA.

Motivator Ulung

Menjadi Pembina harus mampu memberikan api semangat kepada siswa binaanya. Kata-katanya selalu optimis. Baik perkataan dan sikapnya menunjukkan keyakinan bahwa dirinya mampu membina. Dia mampu membuat siswanya yakin bahwa dirinya luar biasa dan layak menjadi juara. Sorot matanya menunjukkan keyakinan bahwa siswa yang dibinannya mampu menjadi siswa yang berhasil. Pembina handal mampu menyadarkan siswanya untuk belajar mandiri (belajar tanpa diawasi).

Pekerja Keras

Pembina ulung tidak pernah berleha-leha dan berpangku tangan. Program dan Jadwal pembinaan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Target yang sudah direncanakan akan diraihnya meski harus  belajar dan membina hingga larut malam atau bagun di pagi buta. Bahkan waktu liburpun masih sempat digunakan untuk membina jika memang kondisi sudah kritis. Dia tidak pusing dengan imbalan atas pengabdiannya. Dia mengengam prinsip totalitas dalam meraih keberhasilan

Berjiwa Besar

Hanya pecundang saja yang menutupi kesalahan dan kekurangan. Jika ingin jadi Pembina handal akui kelemahan yang kita miliki. Jangan hanya diam jika tidak mampu menyelesaikan masalah. Ajak orang lain untuk dimintai bantuan. Tak perlu besar kepala dengan kemampuan kita, atau prestasi-prestasi yang pernah kita raih. Pembina yang hebat mampu setiap saat dan setiap waktu menjadikan dirinya dan orang lain untuk berprestasi. Jadi akui kelemahan dan kekalahan, namun dibalik itu bersegeralah merencakan untuk menjadi yang terbaik. Kejujuran merupakan kebanggaan diri bagi para Pembina handal.

Ahli Strategi

Lomba ibarat peperangan, jadi Pembina yang handal harus mahir dalam mengatur strategi lomba. Termasuk di sini kemampuan seorang Pembina untuk memprediksi soal-soal yang mungkin keluar dalam lomba nanti. Untuk dapat membuat strategi yang jitu, cari informasi sebanyak-banyaknya. Belajarlah dari kekalahan dan kesalahan diri dan orang lain. Jika perlu anda bisa melihat dan masuk ke tim lain untuk belajar dan mencari kelebihan dan kelemahan tim tersebut, kemudian mengatur strategi di tim kita.

Cerdas SQ

Kita sudah tahu bahwa kecerdasan yan paling tinggi adalah kecerdasan beragama. Jadi Pembina yang ulung mutlak harus cerdas di agamanya. Pembinaan tidak hanya mendidik anak-anak untuk menjadi juara saja, namun jauh dari itu pembinaan harus memiliki misi mulia membantu anak-anak lebih cinta kepada tuhannya. Karena jika kita sudah dekat dan cintai tuhan segalanya akan dimudahkan-Nya, termasuk untuk memenangkan perlombaan. Pembina handal juga tidak segan-segan menganggat tangan dalam mendoakan keberhasilan siswanya.

Jika sahabat ingin mencari ilmu olimpiade MIPA bisa juga berkunjung ke blog rekan sy bos mafia olimpiade dan mafia olimpiade “bayu”. [bersambung]

Recent Posts :

, ,

  1. #1 by bchree on 19 2010, 2010 - 16:37

    setahu sy ust. orang yang ahli, jauh di atas sy,
    besok insyaallah ada belajar bersama membuat blog ust! bisa ikut?

  2. #2 by syamsul hadi on 19 2010, 2010 - 07:21

    Saya msh pembina pemula ust. jadi saya msh butuh bgt ilmu-ilmunya. syukron katsir

  1. Kandidat Juara Olimpiade Sain Nasional 2011 « Lentera Jaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: