SEMESTA MENDUKUNG DALAM TES CPNS


SEMESTA MENDUKUNG

DALAM TES CPNS

Sahabat, meraih dan  menjadi yang terbaik  dalam sebuah kompetisi, tes, ujian, perlombaan, pertandingan pasti bisa didapatkan oleh setiap manusia. Tidak ada manusia yang tidak akan berhasil, semua pasti berhasil. Tinggal sejauh mana kita mengalahkan kondisi-kondisi negatif yang menjadi onak duri dalam penghalang mulusnya keberhasilan itu kita dapatkan.  Kita sudah dibekali Allah dengan berbagai keistimewaan. Tinggal bagaimana kita mengoptimalkan kelemahan-kelemahan yang belum kita asah menjadi potensi yang maha dahsyat.

Alam ini sudah mengondisikan dan memfasilitasi kita untuk menjadi yang terbaik. Alam sudah siap melayani kita menjadi terbaik dari yang terbaik. Alam layaknya media siap pakai, namun kita sering lupa tidak mengingatnya apalagi menggunakan.

Sahabat, jika kita cermati saat kita akan melompat pagar yang tingginya 1,20 m. Pastinya kita akan mikir-mikir mampu tidak yach? Timbul keraguan dalam hati atas kemampuan dan potensi yang ada dalam diri kita. Semakin parah lagi saat perasaan turut andil dalam pemutusan kebijakan ini. Akhirnya kita ambil kesimpulan bahwa diri kita tidak mampu melompat pagar tersebut.

Namun, pada keadaan lain. Saat kita sedang dikejar anjing galak, di depan kita hanya ada satu jalan. Saat berlari ternyata jalan tersebut adalah jalan buntu dan berakhir pada sebuah pagar dengan tinggi 1,20 meter. Saya yakin dalam kondisi ketakutan ini anda tidak akan berfikir banyak, dan pasti segera dengan segala kemampuan anda akan berusaha melompat sekuat-kuatnya. Tidak disangka-sangka pagar itu ternyata bisa anda lalui.

Apa yang terjadi ketika kita menuangkan pasir sedikit demi sedikit ke atas lantai ? Jika kita terus menuangkan pasir, bukit pasir ini makin lama makin besar dan makin tinggi. Ketika bukit pasir mencapai suatu ketinggian tertentu yang kita sebut ketinggian kritis terjadilah suatu keanehan. Pada ketinggian kritis ketika kita menjatuhkan beberapa butir pasir, terlihat butir-butir pasir ini mengatur dirinya. Ada yang jatuh mengenai bukit pasir lalu bergulir terus dan berhenti di suatu tempat. Ada yang jatuh lalu mendorong butir-butir pasir lain untuk bergulir, butir-butir yang bergulir ini dapat mendorong butir-butir lain untuk bergulir juga sebelum berhenti pada suatu tempat. Ada pula yang hanya bergulir sedikit atau tidak bergulir sama sekali. Tiap butir pasir seolah-olah punya peran masing-masing. Mereka semua bekerja bersama-sama mempertahankan agar kemiringan bukit pasir tidak berubah. Aneh bukan? Sepertinya pasir-pasir ini punya otak untuk menghitung sehingga kemiringan bukit pasir tidak berubah.

Kondisi di atas adalah salah satu kondisi dari beribu kondisi. Ternyata di luar jangkauan otak sadar kita, kita mampu melakukan hal-hal yang kita anggap tidak mampu melakukannya. Kondisi seperti inilah yang dinamakan mestakung (semesta mendukung) keberhasilan kita. Mestkung bisa kita ciptakan untuk meraih-meraih prestasi-prestasi yang lain salah satunya adalah untuk menghadapi tes CPNS.

Apa itu MESTAKUNG?. MESTAKUNG pertama kali diciptakan oleh Bp. Yohanes Surya, Ph.D. Pembina Nasional Olimpiade Fisika. Semesta mendukung merupakan dukungan semesta untuk kita keluar dari kondisi kritis. Semesta disini adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita termasuk sel-sel tubuh kita.  Semesta mendukung melalui  self organizing (pengaturan diri). Mestakung di dasari oleh pemahaman KRILANGKUNG. Yang pertama adalah menempatkan diri  pada kondisi kritis,  berani keluar dari comfort zone kita. Miliki target-target yang tinggi. Reinhold Messner seorang pendaki gunung terbesar, mengatakan bahwan “tanpa resiko kehilangan nyawa, tidak mungkin ada petualangan”. Kemudian kita harus  melangkah untuk mencapai target-target yang tinggi tersebut.  Jangan diam saja. Untuk mendaki gunung himalaya yang tinggi dibutuhkan satu langkah awal walau sekecil apapun. Mestakung tidak akan bekerja jika kita diam saja. Sel-sel tubuh kita tidak akan mengatur diri memberikan energi lebih jika kita diam saja. Melangkahlah, maju dan maju. Dalam melangkah itu kita harus tekun, jangan berhenti ditengah jalan, jangan gentar lihat gelombang apapun. Mestakung tidak akan bekerja jika kita tiba-tiba stop.

Sahabat, mari kita asimilasikan MESTAKUNG (KRILANGKUNG) ke persiapan kita ke Tes CPNS. Pertama, kita kondisikan diri kita dalam kondisi kritis. Segera kita ciptakan kondisi kritis. Berikut beberapa hal yang bisa kita ciptakan untuk menjadikan diri kita dalam kondisi kritis. Mulai hari ini katakan pada keluarga , sahabat, tetangga, bahkan jika perlu beritahu setiap orang yang anda temuai bahwa tahun ini ada akan lulus tes CPNS. Semakin banyak yang anda beri tahu maka kondisi anda akan semakin kritis. Semakin kritis maka anda kemungkinan besar akan semakin mudah berhasil.

Kedua, Melangkahlah. Artinya setelah banyak orang yang tahu bahwa anda akan lulus tes CPNS anda harus sadar, jika anda tidak lulus maka anda akan menjadi buah bibir, menjadi cemoohan, menjadi bahan pembicaraan, dan hal-hal lain yang tidak mengenakkan. Untuk itu segera melangkahlah, maksud melangkah di sini adalah lakukanlah hal-hal yang mendukung anda dalam lulus nanti. Buatlah program jangka panjang dan jangka pendek. Buat rencana sematang-matangnya. Buang kegiatan-kegiatan yang tidak mendukung program anda mencapai kesuksesan. Segera lakukan hal-hal yang positif. Misalnya mencari info pendaftaran, persyaratan pendaftaran, mencari soal sebanyak-banyaknya, mengenal trik dan tip dalam mengerjakan soal cpns, berkunjung kerumah sahabat yang sudah lulus, mengunjungi toko buku dan hal-hal lain yang harus segera anda  temukan dan laksanakan.

Ketiga, Tekun. Artinya anda harus tekun dalam menjalankan ini semua, anda harus rela bersakit-sakit, bersusah-sudah dalam pencapaian ini. Terus pasang semangat dan ingat bahwa anda sudah terlanjur dalam kondisi kiritis maka anda harus lebih tekun dalam belajar. Belajarlah sebanyak-banyaknya. Berbuat baiklah sebanyak-banyaknya, dan beribadahlah sebanyak-banyaknya. Jangan ada sedikitpun waktu percuma sehingga anda lalai akan misi pertama kita ”lulus CPNS”. Ketika anda lalai, maka ingatlah bahwa anda dalam kondisi kritis. Sudah banyak orang yang tahu bahwa tahun ini anda akan lulus.

Sahabat, saat anda dalam kondisi sepert ini insyaallah alam akan mendukung keberhasilan anda. Ketika anda sudah melangkah dan tekun pasti banyak kemudahan-kemudahan yang akan anda dapatkan. Jangan pernah berpaling kebelakang, terus semangat demi kesuksesan anda. SEMESTA akan turut berdo’a untuk keberhasilan anda. Semoga SUKSES.

Info : KKG guslah 3 kecamatan pasrujambe akan mengadakan latihan bersama tes CPNS bagi rekan-rekan yang wiayata bakti di gusla tersebut. Jika mau bergabung, SILAHKAN! Jadwal menyusul.

Jika ingin mendapat tambahan soal, bisa download soal di bawah ini.

SOAL LATIHAN CPNS

PEMBAHASAN SOAL LATIHAN CPNS

KEBIJAKAN PEMERINTAH

06 UUD 1945 + AMANDEMEN

SEJARAH NASIONAL INDONESIA

FALSAFAH & IDEOLOGI

TATA NEGARA

BAHASA INGGRIS

BAHASA INDONESIA

PENGETAHUAN UMUM

PASSWORD PREDIKSI 2007

PASSWORD

Recent Posts :


, ,

  1. #1 by Pak bayu on 6 2011, 2011 - 07:08

    Recomended banget ini artikel……
    Bagus…..good motivation….

  2. #2 by bahrul ulum on 22 2010, 2010 - 20:02

    katanya model tes CPNS kali ini banyak soal-soal olimpiadenya.tingkt SD/SMP/SMA.klo yg MTK apa bukan materi kuliah yg diteskan?wassalaam

    • #3 by bchree on 23 2010, 2010 - 04:47

      pengalaman tahun2 kemarin emang gitu ust, soal2 mtk setingkat Olimpiade, tapi kira2 hanya 40%. untuk mata kuliah jarang. OK semangat ust. semoga sukses.Amiin

  3. #4 by lawang on 15 2010, 2010 - 22:59

    kalo menurut pendapat saya masbro, PNS itu adalah pegawai negara dan tentunya mengembang tugas yang tidak gampang. apalagi dengan banyaknya peraturan yang harus ditaati. sekarang ini banyak org ingin mjd PNS karena jaminan masa depan + hari tua, tanpa memperhitungkan bahwa mereka adalah org yang mengabdi pada negara dan harus memberikan pelayanan baik pada masyarakat. salam dan sukses selalu

  4. #6 by dedekusn on 15 2010, 2010 - 20:43

    PNS selalu menjadi salah satu pekerjaan terfavorit, semoga yang terseleksi benar2 hasil seleksi yang benar,

    Salam kenal & sukses

    • #7 by bchree on 15 2010, 2010 - 21:38

      benar mas, semoga yang terpelih orang yang bener-bener amanah biar pertiwi ini tidak terus menangis
      salam kenal dan sukses juga buat anda

  5. #8 by Windya MuLia on 14 2010, 2010 - 17:15

    thanks ya bro …sharingnya bermanfaat nie.
    suamiku jg gi nyoba2 nie.
    doain yaa.
    txs🙂

    • #9 by bchree on 15 2010, 2010 - 05:16

      semoga berhasil mbak. salam ke masnya … semangat

  6. #10 by SEGAWON on 14 2010, 2010 - 11:55

    ilmu tingkat tinggi iki, link sampean uda tak pasang di blogku bos.

    • #11 by bchree on 14 2010, 2010 - 12:38

      terima kasih udah sudi mampir ust.
      semoga bisa berbagi ….

  7. #12 by Alam on 12 2010, 2010 - 15:55

    Karena Muhammad SAW bukan seorang PNS:mrgreen: jadi wirausaha aja deh, walaupun gak nolak jadi PNS😀

  8. #13 by bintangzohra on 12 2010, 2010 - 08:15

    teruskan semangat berjuang…salam saya untuk isteri dan si kecil comel kamu

    • #14 by bchree on 12 2010, 2010 - 15:29

      iya terima kasih bintang zohra …. salam juga buat semua keluarga yang di sana, eh maaf yach, zohra tu masih skul pa kul se??

  9. #15 by Sang Penjelajah Malam on 11 2010, 2010 - 09:15

    semangat pokoknya

    • #16 by bchree on 11 2010, 2010 - 13:51

      semangat 45 pokoknya kwkwkwk

  10. #17 by Kakaakin on 11 2010, 2010 - 05:43

    Hayuk.. yang belum jadi PNS, buruan daftar…
    (Masih pada berminat jadi PN ya? )😀

  11. #19 by Cerita Dewasa on 8 2010, 2010 - 22:36

    Keep spirit. Tetap semangat. Maju terus. Pantang Mundur:mrgreen:

  12. #21 by kangmas ian on 8 2010, 2010 - 21:34

    pantesan depnaker penuh aja pada bikin kartu kuning yang berwarna putih buat daftar CPNS y😀

    • #22 by bchree on 10 2010, 2010 - 15:46

      heeeeee … itu bukan buat cpns mas tapi buat ngelamar istri orang kwkwkwkw …..
      iya kali ….

  13. #23 by Saipuddin on 7 2010, 2010 - 18:21

    keep spirit!!!

    • #24 by bchree on 10 2010, 2010 - 15:47

      thaks mas uddin, lama nggak jumpe yech, kangen nih??

  14. #25 by Erdien | Sundagasik on 6 2010, 2010 - 13:47

    Gimana si kecil-nya, sehat?

    • #26 by bchree on 7 2010, 2010 - 08:45

      Alhamdulillah sehat, meskipun tiap malam umi’ dan abi nya harus berkadang terus tuk ganti po2k heeee, putri/a mas sehat juga kan???

  15. #27 by Erdien | Ceritaku Suka-Suka on 6 2010, 2010 - 13:46

    Makasih nasihatnya Pak!
    Tuhan memang telah menciptakan kita dengan segala hal yang dibutuhkan oleh kita, termasuk di dalamnya alam semesta. Tinggal kita pandai-pandai memanfaatkannya dengan baik😀

    • #28 by bchree on 7 2010, 2010 - 08:44

      terima kasih mas, sesama sahabat saling wajib mengingatkan kan!?

  1. Informasi Pendaftaran tes CPNS 2010 « guru pembawa perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: