The Miracle of Comment

The Miracle of Comment

Saat bertemu sahabat anda di jalan, kemudian dia tersenyum semanis madu tanda dari sebuah sapaan. Pastinya anda akan merasa senang dan bahagia. Beda lagi jika bertemu teman, namun tak sedikitpun bagian dari wajahnya menghadap ke kita. Padahal jelas-jelas dia tahu ada anda di situ. Gimana rasanya??? Pasti perasaan yang muncul muuuuaaaaangkel dan energy negative yang lain.

Begitu juga di dunia blogger. 1.001 macam model comment yang diberikan sahabat memberikan warna tersendiri digoresan hati kita. walaupun kadang kita tau sahabat kita asal comment. Namun sudah cukup memberikan semangat persahabatan.

Meskipun tidak ada larangan untuk asal comment. Sebagai blogger yang baik harusnya kita bener-bener sepenuh volume hati memberikan comment yang sebenarnya. Apa maksud dari memberikan comment sebenarya? Comment yang kita berikan kepada teman sebisa mungkin apa adanya sesuai dengan kenyataan. Kadang-kadang saat temen nulis yang kurang benar, coment kita sih oke-oke aja. Kita berfikir yang penting penulisnya seneng. Kalau gini sayang benget. Sebagai sahabat kita harus mengingatkan kan?? Kita tidak harus membenarkan kesalahan yang dibuat oleh sahabat. Jika kita melakukan hal ini sama dengan mendorong dia berlahan-lahan ke jurang yang dalam. Tidak usah takut kehilangan sahabat jika tujuan kita baik. Malah sahabat sejati akan lebih senang jika diingatkan kesalahannya.

Saya kembali ke paragraph awal. Ketika teman kita sudah menyapa semanis madu, tiba-tiba dia datang menghampiri kita. Kemudian dia bilang “maaf kancing bajumu ada yang belum terpasang!” Gimana sahabat rasa hati kita jika ada teman yang berbuat seperti itu?. Perhatian bangeeeeeeeeeeet, kita pasti tambah seneng. Nilai rasanya bedakan dengan hanya sekedar senyum semanis madu.

Jadi dengan memberikan comment apa adanya. Sahabat kita akan selalu mengEDIT ulang apa yang dia tulis. Si DIA akan menelaah lagi pemahaman yang selama ini dia tahu. Artinya kita membantu dia untuk belajar lagi. Secara tidak langsung  ilmunya menjadi bertambah.

Recent Posts :

,

  1. #1 by monda on 9 2011, 2011 - 13:20

    resolusiku thn ini membalas semua komen, Insya Allah, tadinya sering nggak ada waktu, sekarang bisa dilakukan kapan saja pakai hp.

    • #2 by bchree on 9 2011, 2011 - 19:34

      wah keren itu bund, semoga bisa sukses dengan resolusiku …… sayang hpq jadul dapat diberi orang lagi heeeee

  2. #3 by veera on 29 2010, 2010 - 16:36

    alhamdulillah…saya jadi merasa diingatkan karena tulisan ini….:)

    • #4 by bchree on 30 2010, 2010 - 06:02

      sama-sama mbak … sesama teman kan harus saling mengisi dan mengingatkan biar jalan ni lurus terus kayak jalan tol heeee …

  3. #5 by karina on 14 2010, 2010 - 00:21

    hehe buat saya komen juga jadi penyemangat buat terus menulis. soalnya itu artinya teman-teman memperhatikan tulisan kita. saya pun masih berusaha untuk jadi teman yang baik dengan memberikan perhatian balik, dalam bentuk apapun, walaupun cuma sesuatu yang sederhana dan simple. sebuah “peringatan” yang merupakan perwujudan perhatian rasanya memang jauh lebih bermakna daripada sekedar senyum manis. hehe, dasar emang banyak maunya kita jadi temen.😀
    btw, nice post mas. saya suka banget, terutama yang bertema soalnya friendship, ataupun keluarga.🙂

    • #6 by bchree on 14 2010, 2010 - 22:44

      wah nih contoh temen yang baik banget …… saya seneng punya temen kayak mbak karina, meski tidak pernah temu di dunia nyata tapi terasa banget jiwa persahabatannya … and pasti cerdas heeee, benerkan???

  4. #7 by mama iin on 12 2010, 2010 - 08:27

    setuju sekali…dengan adanya respon dari sahabat yang berupa komentar…akan memberikan energi tersendiri bagi seorang blogger tuk selalu berbenah menjadi lebih baik lagi

    • #8 by bchree on 12 2010, 2010 - 18:09

      benar ma … wah kok baru diberi tahu sekarang situs kumpulan blogger lumajang.
      nanti sy beri tahu teman2 yang lain….. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: