Sekedar BERBAGI

Sekedar BERBAGI

Sejak SMA saya memang mania’ dengan ilmu yang berhubungan dengan Komputer. Masih ingat dengan program DOS atau program jaman itu? ya, itu utak-atikku pertama dueloe. Karena udah jadi mania’ akhirnya sering nimbrung di lab komputer, maklum saat itu komputer masih langkah. Jadi di rumah juga tidak ada yang namanya komputer. Akhirnya tiap sore selalu ke lab komputer. Jika ada siswa yang ngak masuk maka komputernya saya pakai.

Berjalannya waktu, dunia kian berubah, warnet-warnet menjamur, modem-modem hingga bertaburan ke rumah-rumah. Bahkan internet sudah masuk ke plosok desa. Semua itu tidak menggugah aku untuk tertarik ke dunia maya ini. Aku lebih asyik dengan program adobe photo shop, mengolah video, program office, dan program lain. Ke warnet hanya sekali-kali aja, mungkin satu bulan satu kali. Karena saat itu di setiap warnet yang pernah saya kunjungi, pengunjungnya selalu melakukan hal kurang bermanfaat, misalnya lihat film dan gambar porno, cuman chatting, dan lain-lain. Dengan keterbatasan ilmu dunia maya saat itu saya berkesimpulan tidak ada manfaatnya belajar internet, paling-paling manfaatnya cuman cari info saja.

Juli 2010 kemarin paradigma lama tentang dunia maya berubah 1800. Saat itu saya mendapat tugas mewakili Kabupaten Lumajang Propinsi Jawa Timur untuk mengikuti DIKLAT GURU PEMANDU MATEMATIKA JENJANG DASAR SE INDONESIA yang diadakan P4TK Matematika di YOGYAKARTA. Widiyaiswara Bp. Bambang yang memberi materi diklat ICT memberikan contoh blog salah satu alumni. Blog tersebut menceritakan tentang sekolah di mana dia bertugas. Bahkan Bp. Bambang memotivasi bahwa tidak ada kesempatan bagi kita di internet untuk melihat hal-hal yang tidak penting, karena banyak hal lain yang harus terselesaikan salah satunya adalah menciptakan dan mengolah blog sekolah.

Saat itu dalam benak saya langsung tercurahkan dengan segera ingin membuat blog sekolah. Namun betapa kecewanya. Pertemuan materi ICT memang hanya sekitar 2 jam, cukup mengenal e-mail. Untuk materi blog waktunya tidak cukup. Bp. Bambang menyarankan agar belajar melihat buku panduan.

Setelah sholat Isya’ tidak ada pelajaran di kelas. Saya tidak membuang waktu percuma, jika peserta lain asyik ngobrol di depan televisi, saya dengan teknik coba-coba terus bergelut dengan dunia kebodohan membuat blog. Kadang hingga menjelang subuh saya tidur. Akhirnya terciptalah blog sekolah dan blog pribadi yang sangat memalukan jika di lihat sahabat blogger. Narsis banget!!. Sampai sekarang perubahan-perubahan tampilan dari blog tersebut tetap saya simpan (metamorphosis coba-coba).

Tempat bertanya satu-satunya adalah ke Bp. Bambang, itu pun lewat komentar yang ada di blognya. sekarangpun pertanyaan-pertanyaa itu masih nongkrong di blognya beliau.  Kadang-kadang tidak dibalas, ya maklumlah  beliau sendiri juga sibuk. Setelah saya berhasil membuat blog pribadi. Esok harinya saya tunjukkan ke teman-teman diklat. Eh, ternyata mereka juga pingin membuat untuk sekolah masing-masing. Akhirnya saya jadi widiyaiswara gadungan. Setiap malam hari teman-teman yang kebanyakan usianya jauh di atas saya. Beliau-beliau sudah senior banget karena usianya di atas 40 tahun. Kamar tempat tidur jadi kelas, semua pada bawa labtop. Ada yang di atas bad, di lantai, di kursi, ada yang duduk, ada yang jongkok, ada yang sambil tengkurap, pokoknya rame banget. Ilmu yang secangkir akhirnya dibagi rata. Mulai dari membuat e-mail sampai blog narsis. Malam terakhir kita masih belajar, bahkan sampai sekitar pukul 1 pagi. 2 minggu di Yogyakarta adalah waktu saya bergelut dengan blog. Sampai-sampai materi diklat utama matematika terbengkalai (namun, alhamdulillah saat itu saya masih bisa menjadi peserta terbaik 1_pamer nih heeeee).

Saat akan pulang dari Yogyakarta kami janji sama tema-teman untuk saling berbagi lewat blog tentang perkembangan pendidikan di daerah masing-masing. Namun mungkin karena guru mereka adalah widyaiswara gadungan (saya) dan ilmu blog yang saya berikan secangkir di bagi rata, maka blog teman-teman tidak ada yang di urus. Akhirnya sampai sekarang kami tidak bisa berkomunikasi lewat blog. Mudah-mudahan juga teman-teman membaca tulisan ini biar semangat lagi untuk belajar.

Dan kini saya sudah kembali jadi mani’, kalau dulu mania’ dengan program DOS kini mania’ dengan dunia maya (blog). Saya juga berterima kasih kepada semua sahabat blogger yang sudah memberikan ilmunya kepada saya sehingga blog saya sedikit demi seditik mengalami perubahan.

Tulisan ini ditulis dalam rangka mengikuti Kontes Menulis . Bagi yang berminat mengikuti, silahkan baca ketentuannya disini.

Recent Posts :

, ,

  1. #1 by mama iin on 2 2010, 2010 - 14:54

    pak… bila jenengan pingin punya banner.. terlebih dahulu bikin image dengan format apa saja apalagi jenengan ahli photoshop pasti bagus hasilnya tidak seperti banner saya ….lalu up load ke http://i25.tinypic.com nanti disitu akan diberi kode banner kita jadi deh…
    trima kasih sebelumnya udah berkunjung ke blog aku

    • #2 by bchree on 2 2010, 2010 - 19:04

      terima kasih bu tipsnya

  2. #3 by kawanlama95 on 1 2010, 2010 - 23:32

    terus berkarya, selamat malam

  3. #5 by Eko Madjid on 1 2010, 2010 - 09:17

    Hebat ni bapak guru. Terus belajar dan berkarya ya pak…
    Salam kenal..
    *Kunjungan balik nih dan Insya Allah secepatnya blog bagus ini akan saya link…*

    • #6 by bchree on 1 2010, 2010 - 12:45

      siap pak eko, sy akan terus belajar …
      terimkasih kunjungannya

  4. #7 by Erdien on 30 2010, 2010 - 20:56

    Oh begitu ya pengalaman Pak Guru. Seru juga😀

    • #8 by bchree on 30 2010, 2010 - 21:26

      pasti dalam hati mas erdien kwkwkwkwk

  5. #9 by Iwan Kus | Belajar NgeBlog on 30 2010, 2010 - 13:08

    terima kasih banyak pak partisipasinya

    tapi…
    mohon maaf beribu maaf ya pak

    waktunya sedikit lewat😉

    jika sempat ikutan di kontes berikutnya ya pak😀

    • #10 by bchree on 30 2010, 2010 - 20:27

      iya pak tidak apa2, kesalahan saya kurang teliti baca ketentuan lomba. sy pikir pertama tgl 3 oktober terakhir, eh ternyata salah persepsi???!!!!

  6. #11 by 'Ne on 30 2010, 2010 - 07:17

    wah salut untuk Pak Guru yang tak kenal lelah untuk terus belajar..
    semoga semakin banyak guru2 yang punya blog yang bermanfaat..🙂

    • #12 by bchree on 30 2010, 2010 - 20:25

      matur sembah nuwun jeng
      semoga guru-guru kayak di Brunai Darus salam, dah tau beritanya??? cari dunk!

  7. #13 by cempaka on 30 2010, 2010 - 06:48

    ^^ wah gud luck ya mas… moga menang kontesnya ^^

    • #14 by bchree on 30 2010, 2010 - 20:24

      hiii … hiiii …. ngak bisa ikut nih
      sy baru tahu dari blognya suryakelana, pengumuman tanggal 3 oktober, sy pikir itu terakhir ngirim. segera sy buat tulisan ini selama kira2 2 jam + edit publikasi dari jam 00.30 hingga 02.00. setelah semua selesai sy baca lagi ketentuan, eh terakhir tanggal 24 oktober eh salah lagi 24 september … Capek deh ….
      ngak pa2 hitung2 ronda malam heeeee

      • #15 by lia sikupu on 1 2010, 2010 - 02:14

        wah, sayang sekali ya, padahal tulisannya sudah bagus banget. Sukses selalu, Pak Bakrie ^^

        • #16 by bchree on 1 2010, 2010 - 05:10

          terima kasih udah baca, ngak basikan??? jadi malu nih ma sikupu!

  1. [random:25] bisnis…………………………………? :: bestguidance.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: