Apakah Ayah Pantas Jadi Ayah?

APAKAHAYAHPANTASjadiAYAH?

H

em ….. hem …. ketemu lagi ni dengan  kenyataan sehari-hari yang terus berlalu, tapi kita cenderung melupakannya. Apakah anda seorang ayah ? Atau calon ayah ? wah mesti baca artikel ini, biar bisa lebih ready jadi ayah!

Setelah diadakan penelitian kepada anak-anak usia SD, mengenai anggapan mereka tentang ayah. Betapa mengejutkan jawaban dari mayoritas mereka. Meurut mereka ayah diartikan orang yang berbadan kekar, berkumis tebal, berangkat pagi cari nafkah, pulang malam, suka marah-marah, pendiam (jarang bicara), suka mukul, njiwit, njewer, dan suka nyuruh-nyuruh.

w

ah, kalau mereka sudah mengatakan demikian artinya kehidupan rumah tangga jadi kurang ideal donk. Pastinya, rumah tangga sering timbul cek-cok antar anggotanya. Sering terjadi kesunyian, karena ayah tidak bisa diajak berbicara yang “nyantai”. Anak juga jadi brokenhome. Bukankan rumah tanga atau keluarga tempat kita melepas segala penat, letih, dan sesak saat kita terkotori berbagai karat masyarakat di luar sana. Kalau keluarga udah ngak “ayem dan nyaman” mau disterilkan di mana hati ini, terutama anak-anak yang butuh perhatian dan tempat melepas keluh kesah.

K

eluarga bahagia tak lepas dari ayah yang berhati bahagia. Ayah yang bahagia tak lepas dari kemampuannya baik jasmani dan rohani sebagai pemimpin yang memberikan tauladan kongkrit. seorang ayah pantas jadi ayah jika ia benar-benar menjadi pemimpin secara menyeluruh dalam setiap sudut kehidupan keluarganya. Ia mampu mencairkan kepadatan masalah, ia lihai mengatur hati setiap anggota rumah tangga. Jadi tugas seorang ayah bukan hanya memberi nafkah saja. Melainkan  mampu menjadi imam,  baik imam dalam sholat, maupun imam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

*Jika keluarga anda ingin berkarakter sopan, maka ayah harus sopan dulu.

*Jika anak anda tidak ingin merokok, ayah pertama yang harus mematikan rokok.

*Jika ayah melarang anak melihat film porno, maka ayahlah yang pertama harus tidak melihat film porno.

*Jika ayah sudah menjadi ayah, maka anak juga pantas menjadi anak yang menyenangkan saat dipandang.

U

ntuk membentuk anak seperti yang kita inginkan. Ayah tidak perlu terlalu banyak berbicara atau memerintah. Cukup dengan memberikan contoh kongkrit, ayah dulu melaksanakan, maka secara otomatis anak akan mengikuti. Bahkan akan timbul kebanggan pada diri anak kepada sang ayah. Ayah dianggap tokoh idola yang selalu menjadi barometer dalam kehidupannya, orang yang di rindukan dan diidam-idamkan. Pertanyaanya sekarang adalah apakah anda sudah menjadi ayah yang pantas menjadi ayah?

  1. #1 by Kakaakin on 26 2011, 2011 - 08:20

    Hmm… semoga nanti saya menemukan sosok yang pantas menjadi ayah bagi anak2 saya😀

    • #2 by bchree on 26 2011, 2011 - 14:06

      semgoa dapat ikwan yang berhati mulia mbak😀😀😀. Amiin

  2. #3 by kamal on 26 2011, 2011 - 06:08

    mantap cocok panduan bagi yang mau jadi ayah

  3. #5 by Abi on 25 2011, 2011 - 06:24

    Sebenarnya dak sulit jadi seorang Ayah, jalankan syari’at agama, insya Allah anda jadi Ayah yang baik. Mungkin agak sulit jadi seorang Ibu ( posting juga ini Ustd. ) karena seorang ibu merupakan sekolahan pertama bagi anak2 nya. Dan kehidupan Ibu di sudut Syari’at lebih komplek dari seorang ayah.

    • #6 by bchree on 25 2011, 2011 - 16:39

      Abi artinya ayah
      heeeeee …..
      setuju ust. rumusnya hanya di syari’at Agama
      posting tentang ibu, menunggu yach …

  4. #7 by dheeasy on 15 2011, 2011 - 22:55

    membaca ini membuat saya harus lebih semangat berikhtiar dan berdoa semoga diberikan rezeki pendamping hidup yang pantas jadi ayah -dan suami- di dunia dan akhirat…

    _terima kasih sudah memberi sebuah link berisi tulisan yang penuh makna yang terpatri dalam tulisan saya http://dheeasy.wordpress.com/2011/02/11/yah-hal-sederhana-itu-luar-biasa/ _

    • #8 by bchree on 16 2011, 2011 - 05:09

      kami turut berdoa mbak, semoga segera Amiin😳

  5. #9 by lintasberita on 19 2011, 2011 - 15:04

    Selamat sore,benar sekali, ayah harus bisa menjadi panutan bagi semua anggota keluarganya..

    • #10 by bchree on 19 2011, 2011 - 18:42

      sore juga ….. terima kasih kunjungannya

  6. #11 by tandojo on 30 2010, 2010 - 18:50

    Saya dewantara dwijapurna angkat topi, acungan jempol dan sujut syukur pada Allah Swt untuk semua generasi dwijamuda’ calon manggala guru yg mau melakukan perubahan yg terus menerus di dunia pendidikan.

    Saya ikuti beberapa pendapat dari “bchree” dg judul ayah apakah sudah jadi ayah. Guru apakah sudah jadi guru. Saya ingin perubahan segra nampak. Dunia pendidikan segra tegak dengan semangat pengabdian tinggi niat ibadah penuh kesungguhan hati.

    Ibadah merupakan kuajiban.
    Mengajak menuju hal-hal baik, hendaknya dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal itu merupakan tuntutan hati nurani.
    Salam untuk bcree

    • #12 by bchree on 31 2010, 2010 - 04:34

      ini kehormatan yang besar bp tandojo mau berkunjung dan berkomentar diweblog yang jelek ini. semoga SEMANGAT BAPAK mejadikan teladan bagi kami dan sebagai generator bagi kami penerus di masa akan datang. MOHON DOA DAN BIMBINGAN!

  7. #13 by imanuel on 21 2010, 2010 - 18:13

    susahnya yah jadi seorang ayah…

    • #14 by bchree on 19 2011, 2011 - 18:45

      tidak juga heeeee …… malah enak kok hiiiii ……

  8. #15 by myheart on 14 2010, 2010 - 14:05

    maaf, mas bchree sy msh kurang paham terutama pd point dua dan empat, mgkn terlalu umum. bisa sdkit djabarkan gk biar sy lbh bisa memahami!
    sukron

    • #16 by bchree on 16 2010, 2010 - 08:58

      OK, sy kirim pada lampiran e-mail yach. trims

  9. #17 by myheart on 8 2010, 2010 - 11:11

    kira2 apa yg harus kita siapkan ya mas, agar kita bisa benar2 PANTAS JADI AYAH?

    • #18 by bchree on 9 2010, 2010 - 05:19

      yaaaab ….. pertanyaan yang BAGUS, yang harus di siapkan :
      pertama, ditata dulu niat yang mulia
      kedua, siapkan ilmunya
      ketiga, lakukan dengan sebaik2nya
      keempat. ikhlaslah
      gimana da puas, pa masih ada pertanyaan?

  10. #19 by kemilauStardust on 7 2010, 2010 - 06:42

    segera saya cari ayah untuk anak-anak saya ‘ayah yang pantas menjadi ayah’🙂

    • #20 by bchree on 7 2010, 2010 - 06:48

      iya mbak sy do’akan juga segerap dapat yang paling “unggul” ….
      ngomong2 kok untuk anak-anak sy, suda ada berapa anaknya ….??? heeeeeee ….. bercanda yach

      • #21 by kemilauStardust on 17 2010, 2010 - 02:38

        hehehe maaf saya baru ngeh, hanya pemilihan katanya aja mas yg salah😀

  11. #22 by bintangzohra on 6 2010, 2010 - 13:57

    salam dari bintangzohra, ingin sekali melhat bagaimana bintang kembar.
    sangat menarik ya blog kamu ini. Gambar planet apa ye di atas?

    • #23 by bchree on 6 2010, 2010 - 14:10

      terima kasih kunjungan baliknya ….
      planet itu sy beri nama planet guru …. heee …. heeee (ngak tau planet apa) …. dulu aku juga suka tu, tentang kehidupan di langit …. makanya dulu aku suka film yang berbau langit, uvo, dll …
      gmn kabar singapura ….??senang berkenalan dengan anda

  12. #24 by mama iin on 6 2010, 2010 - 13:54

    membaca postingan di atas.. rasanya aku patut bersyukur….karena ku dpt merasakan anak2ku sngt dekat dngn ayahnya….dan beliau dpt menjdi suri tauladan bagi kami skluarga…dan untuk mas backhree… saya bukan apa2 mas dan saya blm dan mungkin g akn pernah jadi bendahara PGRI Lmj karena sy bkn seorang guru….dan blog POJOK KELASKU tsb memang kupersmbhkan buat suami yg kbtulan berprofesi sbgai guru…..sekali lagi trims atas kunjungan baliknya…. semoga persahabatan tetap terjalin erat

    • #25 by bchree on 6 2010, 2010 - 14:07

      salam buat bp. pastinya bp ayah yang luar biasa ….
      saat sy berkunjung keblog ibu, wah bener2 minder, blog sy jauh di bawah ibu ….. boleh tau alamatnya? atau via email. trims

  13. #26 by Sawali Tuhusetya on 5 2010, 2010 - 01:08

    postingan yang amat mmencerahkan, mas. terima kasih, bisa saya jadikan sebagai referensi bagaimana menjadi seorang ayah yang baik.

    • #27 by bchree on 6 2010, 2010 - 07:34

      terima kasih ….
      maaf kalau ada tulisan kumis tebal, tuh fotonya mas sawali kumisnya tebal heeeeeee

  14. #28 by ●●●ЄЯШЇЙ●●● on 4 2010, 2010 - 22:49

    artikel yang bagus , Mas….

    gimana itikaf-nya, nih…?:mrgreen:
    mari kita tingkatkan 10 Ramadhan terakhir di bln ini…

    Salam…🙂

    • #29 by bchree on 6 2010, 2010 - 06:41

      matur sembah nuwun …
      i’tikaf udah jalan tapi masi model C heee ….. ngak kayak rosul 10 hari penuh di masjid, tapi perasaan malam seribu bulan malam ke 25 yaaach!
      heeeeeee ……
      menurut mas erwin kapan??

  15. #30 by azkaazzahra on 4 2010, 2010 - 21:13

    yupz benar sekali, ayah adalah tauladan bagi keluarganya.
    cara tukeran link tu gimana? maaf saya baru 3 hari belajar buat blog. mohon bantuan dan panduannya
    terima kasih

    • #31 by bchree on 4 2010, 2010 - 22:05

      masuk log, pilih tautan (link) > new link > isi sesuai pilihan, jangan lupa di simpan yach

  16. #32 by Erdien on 4 2010, 2010 - 20:13

    O iya… salam persahabatan ya🙂

    • #33 by bchree on 4 2010, 2010 - 21:08

      senang berjumpa dengan mas erdien, meski lihat fotonya aja heeeee … salam PERSAHABATAN juga … jangan bosan2 ngajari pemula ini yach

  17. #34 by Cerita Erdien on 4 2010, 2010 - 20:11

    Orang tua adalah guru pertama dalam kehidupan anak-anaknya. Karenanya kedua orang tua harus jadi teladan yang baik🙂

    Untungnya saya tidak berkumis tebal (karena dicukur),tidak suka marah-marah, tidak pendiam, tidak suka mukul, tidak suka nyuruh-nyuruh juga.
    Malahan anak say paling seneng main sama ayahnya ini, bisa melupakan yang lainnya jika ayahnya dah pulang🙂 Alhamdulillah….

    • #35 by bchree on 4 2010, 2010 - 21:07

      wah saluuuuuuuuut, ni namanya ABI HANDAL, pengkader GENERASI HANDAL ….. beri tahu rumusnya dunk….. !!!

  18. #36 by kang ian on 4 2010, 2010 - 09:58

    saya masih calon ayah
    salam kenal..
    btw silakan kunjungi personal blog saya di http://kang-ian.info
    saya update disitu..terima kasih ^^

    • #37 by bchree on 4 2010, 2010 - 10:46

      wah, da calon ya, mau ta’ carikan ukhti sy ust!? gimana? mau ngak??

  19. #39 by TUKANG CoLoNG on 4 2010, 2010 - 09:49

    jadi ayah atau ibu, jadi apapun, ada tanggung jawab besar yg menunggu..:)

    • #40 by bchree on 4 2010, 2010 - 10:50

      benar mas tukangCoLong! eh, kok ngak enak ya bilang mas Tukang Colong, sy ganti mas sukrawan madi aja …… benar, semua punya tanggung jawab yanb besar…. ada yang kecil kali yeeee …. ???

  1. Yuk, Pacaran « GURU pembawa perubahan
  2. tiap tahun IDUL FITRI, MEMBOSANKAN!! « GURU pembawa perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: