PONDOK RAMADHAN SUDAH BASI

Pondok Ramadhan Sudah Basi

S

udah menjadi budaya bagi kebanyakan sekolah terutama Sekolah Dasar setiap datang Bulan Penuh Berkah melaksanakan pembelajaran efektif fakultatif yang dipadu dengan kegiatan Pondok Ramadhan. Hampir setiap sekolah melaksanakan Pondok Ramadhan. Tujuan dari Pondok Ramadhan itu sendiri adalah memberikan bimbingan siswa tentang pemahaman Puasa Ramadhan dan hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut, misalkan seperti sholat tarawih, berbuka, dan sahur bersama dan kegiatan lain.

Namun kalau kita amati, kebanyakan sekolah tiap tahunnya mengadakan Pondok Ramadhan yang sudah basi. Kenapa saya katakana basi, karena tiap tahun ya begitu-itu saja dalam kegiatan yang diadakan. Mereka tidak pernah mencoba inovasi baru untuk lebih memberikan pembelajaran bermakna bagi siswa-siswinya. Biasanya pondok ramadhan dilaksanakan dengan cara siswa diajak bermalam di sekolah. Mengadakan buka bersama, sholat berjamaah, sholat terawih, sahur bersama, tadarus, sholat subuh, kultum, bersih-bersih sekolah, olahraga dan pulang. Kegiatan ini bukankah sudah sering kita lakukan bahkan mulai kita sekolah dulu ya begini kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan yang kami deskripsikan barusan masih lumayan bagus, dibandingkan  sekolah yang memiliki kepala sekolah dan guru “malas”. Kegiatan Pondoh Ramadhan dilaksanakan hanya dengan cara siswanya disuruh berbusana muslim dan mengisi buku Ramadhan. Tambah celaka lagi buku Ramadhan anak-anak tidak diperiksa.

U

ntuk itu kami akan mengajak berfikir beda dari pemikiran yang biasa. Kita coba ke luar dari lingkaran kebiasaan yang sering kita lakukan. Kegiatan Pondok Ramadhan harusnya kita gunakan benar-benar memberikan sesuatu yang bermakna bagi anak-anak, kegiatan yang menumbuh kembangkan pemahan agama tidak sekedar bersentral pada ritual keagamaan saja. Namun meluas sampai bentuk ibadah universal.

Alternatif kegiatan yang bisa kami berikan antara lain :

Mencintai kaum Dhua’fa

Tujuan :

Kita mendidik siswa untuk suka infaq dan shodakoh

Deskripsi Kegiatan :

Siswa mengumpulkan beras(sembako), baju layak pakai, dan  uang seikhlasnya. Kemudian dikemas secara rapi dan diberikan ke rumah kaum dhua’afa.

Aku bisa Sholat dhuha setiap hari

Tujuan :

Siswa mengerti dan bisa melaksanakan Sholat dhuha secara rutin

Deskripsi Kegiatan :

Setiap hari secara bergilir siswa melaksanakan sholat dhuha yang dipandu guru, diawali dengan praktek wudhu yang benar dah sholat dhuha berjamaah

Berpuasa bertambah Sehat

Tujuan :

Membuang asumsi puasa waktunya untuk bermalas-malasan

Deskripsi Kegiatan :

Siswa diajak olahraga ringan, siswa diajak kerja bakti, dan kegiatan lain yang menggunakan fisik.

Ramadhan menjadikan aku lebih santun

Tujuan :

Siswa memiliki kecerdasan emosi yang lebih baik (sopan santun)

Deskripsi Kegiatan :

Secara praktik langungsung guru mendidik siswa bagaimana bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sikap saat lewat di depan orang lain, sikap saat bertanya di jalan, sikap saat memberikan barang ke orang yang lebih tua, dan sikap dan tutur kata yang lain.

Lomba Busana Muslim

Tujuan :

Membudayakan siswa menutup aurat dan menjaga kehormatan diri

Deskripsi Kegiatan :

Siswa memekai busana muslim yang benar, dipilih 5 terbaik dikelasnya dan diikutikan lomba dengan kelas yang lain.

Lomba Kaligrafi

Tujuan :

Agar siswa lebih mencintai Al-Qur’an

Deskripsi Kegiatan :

Setiap siswa membawa alat mengambar (membuat kaligrafi), kertas dan contoh kaligrafi disiapkan sekolah.

Lomba Kelasku Surgaku

Tujuan :

Siswa memiliki rasa handar beni dan peduli terhadap kelasnya

Deskripsi Kegiatan :

Secara mandiri siswa membersihkan dan menghias kelas dengan nuansa yang mereka inginkan, untuk kelas rendah dibantu wali kelas dan untuk kelas tinggi wali kelas tidak diijinkan membantu.

Kegiatan di atas hanya beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilaksanakan. Masih banyak kegiatan lain yang bisa anda kemas menjadi lebih bermakna. Sekali lagi Pondoh Ramahan harus benar-benar kita gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi anak-anak. Ramadhan bukan sebagai alasan bagi kita untuk bermalas-malasan.

J

ika anda ingin contoh proposal kegiatan Ramadhan di sekolah kami bisa klik Kegiatan Ramadhan 2010, Perlu anda tahu sekolah kami bukan sekolah di kota yang maju, namun sekolah kami berada di lereng gunung yang memiliki banyak   keterbatasan baik dana, sarana, dan tenaga. Kalau kami bisa anda pasti lebih bisa. Selamat mencoba, semoga Ramadhan ini menjadi momentum untuk mendapat Rahman dan Rohim-Nya.

This slideshow requires JavaScript.

About these ads

  1. #1 by vivin ajj on 19 2010, 2010 - 05:55

    he eh keren

    • #2 by bchree on 19 2010, 2010 - 08:10

      thaenk yoouch peri-peri muaaaach

  2. #3 by mama iin on 3 2010, 2010 - 07:57

    pertamanya nyasar kesini….
    sebelumnya.. saya ucapkan SELAMAT DAN SUKSES.. atas beberapa prestasi bapak serta anak didik bapak… semoga membawa harum nama baik kota Lumajang…
    untuk artikel tentang pondok romadlon…saya nilai bagus dan merupakan inovasi yang bagus demi kemajuan anak didik kita…
    salam kenal dari perempuan Lumajang… yg juga pemerhati pendidikan… (kebetulan suami guru nih ..he..he)terakhir jangan lupa kunjung balik di blok aq di http://pojokkelasku.blogspot.com/

    • #4 by bchree on 3 2010, 2010 - 08:17

      pertama, wah UNTUNG nyasarnya ke sini kalau ke hutan, gimana donk heeeee …..
      sebelumnya ….. sya ucapkan trima kasih banyak, da beri koment!!
      salam kenal juga bu …. wah kenalan kok ngak da namanya, masak sy panggil perempuan lumajang, kan ngak enak …. sy panggil Ma2 iin yaaa …

  3. #5 by saipuddin on 2 2010, 2010 - 15:59

    kegiatan yang kreatif, mudah-mudahan juga menghasilkan bibit yang kreatif dan inovatif.

    • #6 by bchree on 2 2010, 2010 - 20:10

      terima kasih dik, mudah2 kayak dik saipuddin. pinter dan soleh … Amiin

  4. #7 by 'Ne on 2 2010, 2010 - 15:39

    keren banget nih idenya.. bener2 langsung tepat sasaran, lebih mengena daripada hanya sekedar teori :-)

    oya terima kasih sudah berkunjung dan linknya sudah terpasang :-)

    • #8 by bchree on 2 2010, 2010 - 20:08

      mbak ‘ne pasti punya ide lain untuk kegiatan ramdhan, gimana kalau mengarang dan membaca puisi, mbak yang jadi jurinya …. anda kan TOP dalam sastra …. heeee mau kan??? trims da sudi mampir

  5. #9 by arief maulana on 2 2010, 2010 - 12:32

    Wah bagus ini idenya.
    Dulu sih waktu zaman SMA, saya pondok ramadannya disuruh ke pondok pesantren beneran.
    Jadi santri disana.

    • #10 by bchree on 2 2010, 2010 - 13:47

      itu juga ide cemerlang mas arif, cuman kita cek dulu pondok pesantrennya. kalau dapat dipertanggung jawabkan baru i’tikaf di sana heeee …heeeee, gimana entar malam sama2 i’tikaf yuuk …..

  6. #11 by Agus Siswoyo on 2 2010, 2010 - 12:10

    Ide yang bagus. Seharusnya artikel ini dbaca rekan-rekan pengajar lain sebagai alternatif pengisi Ramadhan. Karena selama ini saya lihat anak didik cuma diberi teori dengan minim aksi nyata di lingkungan tempat tinggalnya.

    • #12 by bchree on 2 2010, 2010 - 13:51

      itulah mas agus masalahnya …. meski ilmu saya tentang blog minim banget,pingin sekali ngajari teman2 guru buat blog biar kita bisa saling mengisi, tapi kagak ada yang sudi ….. oh iya sy banyak ambil postingnya mas agus buat tambahan ilmu, andai mas agus di sini bakalan tak parani terus buat belajar heeee …

  7. #13 by bchree on 2 2010, 2010 - 06:08

    wah, mas yanto bisa aja, sy masih pemula, web sy brekele, postingnya kriting semua heee….. hee…..,dulu sy buatnya saat diklat guru pemandu mtk di yogya jadi nuansanya keGURUAN meski belum layak jadi guru yang sebenarnyanya??!!!

  8. #14 by bchree on 2 2010, 2010 - 05:46

    benar mas kita harus bahu-membahu untuk merubah warna generasi bangsa ini, bukan hanya guru. tapi semua aspek masyakrakat harusnya memiliki kode etik untuk menanamkan kebaikan dan menjaga kebaikan itu untuk kemuliaan masa mendatang, termasuk di dalalamnya blogger handal kayak mas erwin

  9. #15 by ●●●ЄЯШЇЙ●●● on 1 2010, 2010 - 23:34

    Amin….

    wah.. kegiatan semacam ini perlu di contoh di sekolah lain…

    Semoga kedepan, generasi penerus kita akan menjadi lebih baik…

  10. #16 by Novianto Syahmud on 1 2010, 2010 - 17:15

    Tulisannya keren :D
    kayaknya targetnya para guru-guru ya ni mas!!
    Guru-guru sekarang keren-keren ya, sudah pada punya blog ni :D
    salam kenal mas..

  1. Program Pondok Ramadhan Bermakna « ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: