JANGAN TERLALU BAIK JADI ORANG

JANGAN TERLALU BAIK

JADI ORANG

K

ebaikan memang harus kita lakukan, namun untuk melakukan yang terlalu baik juga tidak baik. Sikap yang terlalu membuat kita lepas dari kadiah-kaidah yang normal. Bahkan cenderung akan merugikan diri. Kebiasaan ini juga akan mempengaruhi etos kerja sampai kesehatan. Jika kita berbuat baik yang berlebih malah akan membuat diri kita jadi diremekah orang lain. Bahkan orang lain akan memperalat kita karena dianggap tidak berpendirian dan mudah diombang-ambing oleh keadaan di sekitar.

Menurut Craig English, Anda termasuk orang yang terlalu baik apabila :

é Anda sering merasa khawatir terhadap suatu hal, dan itu tampak normal

é Anda sering tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan

é Anda sering minta maaf padahal tidak melakukan kesalahan

é Keadaan emosi Anda mengikuti pasangan (jika pasangan Anda tidak bahagia, Anda juga tidak bahagia).

é Anda tidak dapat mempertahankan perasaan romantis, dan bahkan tidak bisa memulainya

é Anda selalu merasa merindukan sesuatu/seseorang.

Anda tidak harus melakukan semua hal yang diinginkan orang lain. Anda juga tidak mungkin merubah semua hal yang terjadi menjadi lebih baik. Jadi fikirkan secara proposional, lakukan hal-hal yang pantas dan mampu anda lakukan. Jangan selalu mengikuti perasaan yang terlalu baik. Hadirkan hati dan fikiran anda dalam menyikapi hal yang terjadi di sekitar anda. Jika harus menolak, lakukan dengan bijaksana. Jangan menuruti apapun yang diinginkan orang lain, tapi hati dan fikiran anda menolak. Jika ini terjadi dan anda memaksakan diri, maka anda akan jadi orang yang tidak “merdeka” bahkan fikiran anda akan tersiksa lama kelamaan fisik anda jadi ikut sakit.

Yang perlu diingat bahwa berbuat terlalu baik tidak sama dengan empaty. Empaty harus tetap kita mililki. Waktunya sekarang kita berbuat baik bukan berbuat terlalu baik. Agar semua normal dan kita bisa lebih baik lagi.

  1. #1 by fahmi on 10 2013, 2013 - 17:08

    Kalo terlalu baik mudah diinjak orang, kalo terlalu keras mudah dipatahkan orang..

  2. #2 by Orang Bijak (@Orang_sok_bijak) on 23 2013, 2013 - 10:35

    Terlalu baik itu tidak rugi kok cuman karena malas aja makanya jadi dirugikan . Kalo soal manfaatin itu kan gak apa ASALKAN itu perbuatan yg baik bukan buruk🙂

  3. #3 by ocha on 18 2013, 2013 - 12:27

    Artikle yang bagus, saya baru saja menyadarinya klo saya ternyata terlalu baik, hingga selalu di manfaatkan orang lain & bahkan semakin kita terlalu baik semakin tak dihargai😦

    • #4 by bchree on 18 2013, 2013 - 21:44

      semoga jadi lebih baik sob

  4. #5 by riani aziza on 14 2012, 2012 - 09:08

    bagus bnget…intropeksi ahhh

  5. #7 by Gwann on 8 2010, 2010 - 11:50

    Rasulullah itu orang yang “terlalu baik” lho…

    • #8 by bchree on 8 2010, 2010 - 12:49

      Rosul wah diluar jangkauan tulisan ini ….
      trims masukkannya, senang berjumpa dengan anda!

  6. #9 by bintangzohra on 30 2010, 2010 - 12:25

    pepatah melayu – buat baik berpada-pada buat jahat jangan sekali.
    untuk saya kalau nakal-nakal biasa oklah….

    • #10 by bchree on 30 2010, 2010 - 20:43

      heeee pepatah yang mendidik tuh ….
      nakal-nakal yang biasa tu gimana hayooooo ???

  7. #11 by win on 4 2010, 2010 - 20:21

    kalau kita terlalu baik juga kadang dimanfaatkan orang lain😦

    • #12 by bchree on 4 2010, 2010 - 21:10

      bener banget tuuuuu, “baiknya” jangan murah2 tapi tetap ada BAROMETERNYA …. heeeeee, kalau da sampai rumah kabari yach

      • #13 by win on 4 2010, 2010 - 21:19

        Pak guru…
        aku kirim email tolong dibalas..
        Terima kasih🙂

  8. #14 by bundapreneur on 2 2010, 2010 - 19:20

    iya mas guru, benar, tidak selalu harus membuat orang lain senang. Ternyata benar yah berbuat baik harus pada tempatnya

    • #15 by bchree on 2 2010, 2010 - 20:19

      “mas guru” baru kali ini baca dan dengar heee …. trim’s bunda

  9. #16 by 'Ne on 2 2010, 2010 - 15:34

    wah hampir sebagian cirinya aku tuh, kata temenku juga aku terlalu pemaaf dan terlalu nerimo, padahal menurutku ya biasa (mungkin karena kebiasaan) tapi justru jadi dimanfaatin. makasih ya sharingnya🙂
    perbaiki diri ah..

    • #17 by bchree on 2 2010, 2010 - 20:17

      heee … heeee…. mbak ‘ne orang nya baik kok bukan TERLALU BAIK, kalau nerimo itu baik looo, artinya nerima dengan besar hati, pasti dapat hati yang besar, dan rejekinya besar …. ngak nyambung yaaa ?!!! sama kok, sy juga perbaiki diri ah …

  10. #18 by ●●●ЄЯШЇЙ●●● on 1 2010, 2010 - 23:37

    berbuat baik pada tempatnya…:mrgreen:

    • #19 by bchree on 2 2010, 2010 - 05:49

      yap itu lah kata kuncinya mas BERBUAT BAIK PADA TEMPATNYA, terima kasih dah sudi koment di blog pemula INI!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: