pramuka di dadaku

Masih ingat dengan kepanduan yang sering disebut PRAMUKA?, sekedar mengingatkan yang suah mulai lupa. Pramuka sekarang sudah jarang diminati oleh banyak siswa dan orang tua. Semakin berubah kondisi jaman ternyata semakin membuat pramuka pudar. Entah apa yang menyebabkan. Pramuka tidak seperti dulu lagi. Bahkan jiwa-jiwa pramukapun sudah kian tak sesuci dulu.

Untuk mengambarkan hal itu saya membuat sebuah puisi. Puisi ini dibacakan oleh salah satu siswi saya Fitrotun Nisa dalam acara PENTAS SENI Jambore Ranting Pasrujambe 21 s.d. 23 Desember 2010 di bumi perkembahan Sembon. Betapa hebatnya siswi saya membawakanya hingga para penonton terbuai dengannya. (terima kasih buat ananda Nisa’).


Pramuka di Dadaku

buah karya bchree

Tunas, tunas pramuka

Kuncup mu kian lama kian langkah

Semerbak wangimu jarang ku jumpa

Entah sirna entah tiada

Tertelan sunyi-senyap malam

Pra —- mu —– ka

Hadirmu tak sewibawa dulu

lambangmu hanya sebatas selogan

jiwamu tak semurni embun di pagi nanti

kini hadir mengusik relung-relung hati

menyatukan penggal-penggal rasa

menyeruak puing-puing semangat

dasa darmaku yang lama berdebu

try satya yang mulai luntur

lihatlah ….

Pramuka yang bukan pramuka

Pandanglah ….

Bagaima muda-mudinya

Dengarkan ….

Kata-katanya

Amati….

Kejujurannya

Sucikah, Fikiran dan permbuatannya ?

Semakin hari negeri ini semakin merana

Merintih dengan generasinya

Terpuruk kehidupan yang hina

Kulihat ibu pertiwi sedang bersusah hati

Air matanya berlinang

Mas intannya terkenang

Hutan gunung sawah lautan

Simpanan kekayaan

Kini ibu sedang susah

Merintih dan berdo’a

Ingatlah …

Pramuka masih di dada kita

Sadarlah wahai tunas-tunas kelapa

Takperlu kau terlena dengan jaman

Jangan pernah lunturkan dasadarmamu

Bangitlah demi ibu pertiwi

Recent Posts :

About these ads

, ,

  1. #1 by fhitriana anandha on 5 2013, 2013 - 20:06

    hebat

  2. #2 by Rani nurfa on 5 2013, 2013 - 12:19

    Saya sbg anggota pramuka ikt bangga atas hadir nya pramuka d atas tanah ibu pertiwi… Bpk karya y saya pinjem yach, bwt d tampilin d Lt nanti, mudah2.an jd pemenang amin.. Dan karya y very2 amazing lah

  3. #3 by tegar putra gemilang on 21 2012, 2012 - 18:10

    bagus bnget puisinya ..

  4. #4 by tegar putra gemilang on 21 2012, 2012 - 18:09

    wow..puisinya bagus bnget !!
    ak salut bnget ..

  5. #5 by Desi lisnasari on 6 2012, 2012 - 16:44

    Terimakasih atas puisinya yang sangat amat indah dan membuat saya merinding dan meneteskan air mata,,,
    PRAMUKA IS MY LIFE

  6. #6 by apiip nuraga on 28 2012, 2012 - 21:01

    keren puisi nya menyentuh hati bgt ..

    boleh copas ga ?

  7. #8 by Nining May on 8 2012, 2012 - 17:25

    Subhanallah. . . .
    Terharu, air matak mengalir membasahi pipiku. .
    Aku ingin mengabdikan diriku untuk Pramuka dan Indonesia

  8. #10 by dodi andrea coker on 15 2012, 2012 - 10:57

    hmmmmm,,,,, puisinya bagus banget,,,
    jadi sedih bacanya,,, semoga aja pramuka bisa selalu jaya di tanah air kita,,,,,
    garuda di dadaku,,,, pramuka di hatiku,,,, salam pramuka indonesia

  9. #11 by Agie on 3 2012, 2012 - 09:30

    mas pinje karyanya

    • #12 by bchree on 6 2012, 2012 - 22:07

      silahkan, BEBAS COPAS dan Lain-lain haaaa …………

  10. #13 by Lisna on 16 2011, 2011 - 17:58

    Saya sangat suka syair,a …
    tentang paramuka ..

    • #14 by bchree on 6 2012, 2012 - 22:11

      heeeeeeeeeeeee … seneng banget juga

  11. #15 by Alam on 2 2011, 2011 - 20:07

    Hahaha.. :mrgreen:
    saya dari SD sampai SMA ikut terus yang namanya pramuka pak, makanya saya sangat terinspirasi dasa dharma pramuka :-)
    emang penting banget pramuka tu!

    • #16 by bchree on 5 2011, 2011 - 22:07

      salam pramuka mas …. semoga bisa mengamalkan dasa darma dengan sempurna heeee

  12. #17 by achoey el haris on 2 2011, 2011 - 19:47

    Masa2 sekolah
    Masa2 pramuka ria

  13. #19 by Saipuddin on 29 2010, 2010 - 12:57

    kabar agak kurang baik, batuk-batuk, ditambah Indonesia kalah, mudahan malam ne menang.

    • #20 by bchree on 31 2010, 2010 - 04:43

      banyak istirahat mas … apa lagi sekarang lagi banya abu vulkanik berterbagan, kita menang tapi tidak bawa piala yach …. ikut sedih

  14. #21 by choirunnangim on 27 2010, 2010 - 10:40

    asslamu ‘alaikum
    sangat menyentuh isi puisi yang ditulis. dengan sejagat makna mengangkat
    bagi aset besar bangsa yang kian tercerabut akan makna hidup, iman dan penghormatan.

    • #22 by bchree on 28 2010, 2010 - 14:19

      waalaikum salam … terima kasih atas kunjungan dan aspirasinya mas …
      senang berkenelanan dengan anda

  15. #23 by ●●●ЄЯШЇЙ●●● on 27 2010, 2010 - 00:51

    sempet dapat curhat dari sahabat yg mnenangani Pramuka di sekolahnya. adik-adik kita sekarang susah di atur, dan juga sudah tidak seperti dulu, tidak sesemangat seperti pramuka dulu.

    • #24 by bchree on 28 2010, 2010 - 14:20

      jaman udah berubah tapi meskinya kita jaga nurani kita yach … yuk sama-sama saling menjaga biar negeri ini tidak semakin merana

  16. #25 by masyhury on 26 2010, 2010 - 15:22

    wah, puisinya dalam sekali mas,,
    Jujur saya pasti meneteskan air mata kalau puisi itu di bacakan langsung dari podium..
    Soalnya saya juga keluaran anak pramuka, sempat menjabat sbagai Pradana dan Ketua adat waktu di SMA..

    Hemm,, sungguh memilukan nasib pramuka jaman sekarang…

    • #26 by bchree on 28 2010, 2010 - 14:21

      salam pramuka kakak PRADANA … gimana cara perbaiki adik-adik ni? mohon bimbingan?

      • #27 by Legy Masyhury on 31 2010, 2010 - 21:28

        haha, mas Bchree ini,,
        sayang sekali, saya juga sudah lama gk ikut pramuka, di kampus gak ada sih, hehe.. :D

        • #28 by bchree on 1 2011, 2011 - 13:12

          ngak ikut pramuka juga ngak pa2,yang penting tetap hatinya mulia

  17. #29 by warcoff on 26 2010, 2010 - 11:46

    puisinya bagus apalagi kalau mendengarkan langsung saat dibaca :) btw ane ikut pramuka cuma sampe sd kelas 2 hehe

    • #30 by bchree on 28 2010, 2010 - 14:22

      terima kasih mas, semoga sy segera dapa ilmu untuk mendengarkan puisi itu.
      senang anda berkunjung

  18. #31 by Saipuddin on 26 2010, 2010 - 10:44

    wahh, bagus mas, itu puisi terinspirasi dari lagu Garuda di Dadaku ya mas,

    • #32 by bchree on 26 2010, 2010 - 10:55

      heeee boleh iya boleh tidak
      iya di judul mungkin tidak di isi …. gm kabarnya lama ngak jumpa?

  19. #33 by bintangzohra on 26 2010, 2010 - 10:30

    oh ye, bchree menetap di jawa timur di bahagian yang mana dan apa nama tempatnya? gambar di atas tu seperti di pantai selatan ‘Pantai Parang Tritis’ betul tak?

    • #34 by bchree on 26 2010, 2010 - 10:39

      di kota LUMAJANG coba kunjungi aja http://www.lumajang.go.id. kalau parang tritis tu di daerah yogya apa jateng ya aq lupa, dulu aq juga pernah kesana, gmn fotonya da dikirim?

      • #35 by bintangzohra on 27 2010, 2010 - 06:55

        Assalamualaikum bchree,
        foto apa ye? saya sudah email seperti yang ditanyakan di bawah ‘pingin sekali tahu jelas zohra tu kyak apa yach?
        sudah diterima ke belom?

        • #36 by bchree on 28 2010, 2010 - 14:40

          maaf baru buka, tapi masih binggung yang mana fotonya … kalau emang ngak boleh nggak pa2 maaf yach

  20. #37 by bintangzohra on 26 2010, 2010 - 10:24

    wah… saya juga terbuai membacanya.
    saya setuju..Pramuka masih di dada kita,
    ibubapa dan guru-guru adalah sebagai pendorong utama.

    Selamat pada Pak Guru Bchree dengan semangat perjuanganmu yang berwibawa

    • #38 by bchree on 26 2010, 2010 - 10:27

      terima kasih banyak nanda zohra, oh iya pingin sekali tahu jelas zohra tu kyak apa yach? kalau ngak keberatan kirim ke emailq donk, bchre_e@yahoo.co.id sy tunggu yach …

  21. #39 by fajarhermanto on 26 2010, 2010 - 10:09

    kok di gadaku mas, di dadaku kali hehe :D

    • #40 by bchree on 26 2010, 2010 - 10:17

      heeeeee .. sori salah, maaf ngetiknya sama ngalaaamuuuun heeeeee … trims mas, oh iya mau ikutan lombanya terlalu sulit bagi saya, banyak persaratan yang saya tidak mengerti. buat yang muda dong mas, biar saya bisa ikutan ….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: